//

ANALISIS SIFAT LISTRIK DAN TERMAL KERAMIK BERBASIS CAMPURAN SERBUK CANGKANG KERANG DAN SERBUK TEMBAGA OKSIDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurzahziani - Personal Name
SubjectCERAMIC MATERIALS
ELECTRICAL PROPERTIES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan analisis sifat listrik dan sifat termal keramik berbasis campuran serbuk cangkang kerang dan serbuk CuO. Dalam penelitian ini, cangkang kerang menjadi bahan baku pembuatan keramik karena mengandung CaCO3 yang tinggi, yaitu 96-98%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh variasi konsentrasi CuO ke dalam keramik berbasis serbuk cangkang kerang dan menganalisa pengaruh jenis cangkang kerang yang digunakan terhadap sifat listrik dan sifat termalnya. Konsentrasi CuO divariasikan dari 0% hingga 10% berbasis persen berat. Pada penelitian ini, terlebih dahulu dilakukan penelitian awal untuk mendapatkan sampel yang paling ideal yang kemudian dapat diuji nilai konduktivitas listrik dan termalnya. Berdasarkan penelitian awal, didapatkan bahwa keramik berbasis cangkang kerang yang diperoleh tidak dapat bertahan pada temperatur diatas 600˚C. Nilai konduktivitas listrik dan termal yang paling optimum didapatkan pada sampel keramik dengan bahan dasar cangkang Lokan putih yang ditambah 8%CuO yaitu 2,17 x 10-7 (S/cm) dan 0,9977 (W/m˚C). Data menunjukkan kecenderungan naiknya konduktivitas listrik dan termal dengan peningkatan konsentrasi CuO. Berdasarkan nilai konduktivitas listriknya, sampel keramik yang dihasilkan termasuk ke dalam material semikonduktor, dan nilai konduktivitas termalnya lebih tinggi daripada nilai konduktivitas kaca. Material semikonduktor sangat berguna dalam bidang elektronika, karena konduktansinya yang dapat diubah-ubah dengan melakukan doping dengan material lain. Secara umum, prospek penggunaan material ini adalah sebagai buffer pendingin pada perangkat elektronik bersuhu tinggi seperti prosesor komputer. Dalam bentuk lapisan tipis, material ini dapat menjadi salah satu bahan semikonduktor alternatif. Dari hasil XRD dapat dilihat bahwa senyawa utama penyusun sampel keramik adalah CaCO3. Proses pemanasan pada temperatur 600˚C sudah memungkinkan terbentuknya CuCO3 meskipun belum maksimal. Kata Kunci : Keramik, Cangkang kerang, CaCO3, CuO, Konduktivitas listrik, Konduktivitas termal, CuCO3.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SINTESIS DAN KARAKTERISASI HIDROKSIAPATIT DARI CANGKANG KERANG DARAH (ANADARA GRANOSA) DENGAN VARIASI WAKTU TAHAN SINTERING (ULVIA, 2016)

KAJIAN MOTIVASI PENDIRIAN PERUSAHAAN JASA KONSULTAN KUALIFIKASI MENENGAH DI KOTA BANDA ACEH (Mayna Ardita, 2018)

PENGARUH CAMPURAN SERBUK CANGKANG TELUR TERHADAP KUAT GESER TANAH LEMPUNG DESA COT BAGIE KECAMATAN BLANG BINTANG (Nurul Sufliati, 2018)

PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK CANGKANG TELUR TERHADAP NILAI CBR TANAH LEMPUNG DESA COT BAGIE KECAMATAN BLANG BINTANG (Musfirah, 2018)

PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK MARMER TERHADAP KEPADATAN TANAH LEMPUNG DESA TEUPIEN BATEE KECAMATAN BLANG BINTANG (Lisa Andria, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy