PENGARUH TAYANGAN SKETSA DI TRANS TV TERHADAP PERILAKU VERBAL ANAK DALAM BERKOMUNIKASI (PENELITIAN DI SD NEGERI 20 POCUT BAREN BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH TAYANGAN SKETSA DI TRANS TV TERHADAP PERILAKU VERBAL ANAK DALAM BERKOMUNIKASI (PENELITIAN DI SD NEGERI 20 POCUT BAREN BANDA ACEH)


Pengarang

Muhammad Rizal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0710102010042

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Komedi sketsa adalah sebuah tayangan hiburan ringan yang disiarkan di stasius televisi Trans TV. Komedi sketsa menampilkan tayangan yang nampaknya kuno namun digarap dengan kemasan yang baru dan menarik. Kelucuan yang diceritakan sebenarnya hanyalah kelucuan ringan, bahkan cenderung sangat sederhana. unsur komedi yang melecehkan kondisi fisik seseorang sudah tidak dijadikan bahan kelucuan lagi. Sehingga rasanya anak-anakpun aman untuk menonton tayangan yang kini diputar secara striping atau terus-menerus setiap hari di layar kaca. Namun tentu anak-anak tersebut harus tetap didampingi oleh para orangtua, sehingga tidak serta merta meniru beberapa adegan yang dianggap membahayakan. Namun untuk sekedar menjadi pematik, tawa keluarga dan cocok dijadikan pilihan.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh tayangan sketsa Trans TV terhadap prilaku verbal anak dalam berkomunikasi. Tujuan penelitian Untuk mengetahui bagaimana pengaruh tayangan sketsa Trans TV terhadap prilaku verbaJ anak dalam berkomunikasi.

Metode yang digunakan dafarn penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kuantitatif, yaitu metode yang bertujuan untuk mendeskripsikan masalah yang dihadapi secara rinci. Populasi yang diambil adalah siswa-siswi SD Negeri 20 Pocut Baren Banda Aceh. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampelnya berjumlah 36 orang yang pernah menonton tayangan tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penclitian ini menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pendekatan kuantitatif, yaitu menganaJisis data yang berwujud angka perhitungan at.au pengukuran yang dihubungkan dengan pengaruh tayangan sketsa tersebut. Berdasarkan hasil uji tes SPSS dengan menggunakan analisis uji statistik Chi Square maka diketahui nilai 'aka% untuk variabel tujuan adalah 20,291 dengan df=2. Karena p'tag>(20,291 > 5,991) maka Ha diterima Ho ditolak atau dapat diketahui pula dari AsympSig dengan nilai 0,000 artinya 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti signifikan. Maka dapat disimpulakan bahwa tayangan sketsa berpengaruh terhadap prilaku verbal anak.


Dari penelitian yang dilakukan penulis, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengaruh tayangan sketsa yang dapat mempengaruhi sikap, cara pandang dan juga cara berkomunikasi, dan perubahan perilaku anak-anak yang sesuai dengan kondisi dan tingkah laku mereka. Proses penyampaian pesan secara sederhana, unik dan mudah dipahami oleh siswa siswi memberikan meraka pengaruh terhadap perubahan perilaku mereka kearah yang lebih baik.

Kata Kunci : Pengaruh Tayangan, Perilaku Verbal Anak.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK