//

PENGARUH EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSCOE)RNTERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NENDA SRIWIDASARI - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
CARIES - DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2010

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Nenda Sriwidasari Program Studi : Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala Judul : Pengaruh Ekstrak Jahe (Zingiber officinale Roscoe) terhadap pertumbuhan Streptococcus mutans. Jahe merupakan salah satu bumbu tradisional. Jahe mengandung senyawa khususnya minyak atsiri dan oleoresin yang kandungan utamanya terdiri fenol sebagai antibakterial yang berpotensi mencegah infeksi mulut yang disebabkan mutan streptococci, terutama Streptococcus sp. Bakteri tersebut telah dilaporkan sebagai agen utama penyebab karies gigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan ekstrak jahe (Zingiber officinale Roscoe) dalam menghambat pertumbuhan S. mutans pada berbagai konsentrasi. Penelitian ini menggunakan ekstrak jahe untuk melihat efek hambat terhadap S. mutans berdasarkan konsentrasi 100 mg/ml, 50 mg/ml, 25 mg/ml, 12,5 mg/ml, 6,25 mg/ml dengan kontrol Chlorhexidine dan aquadest. Uji aktifitas antimikrobial dilakukan dengan menempatkan kertas cakram yang telah dicelupkan pada masing-masing konsentrasi ekstrak jahe diatas media agar yang telah ditumbuhkan S. mutans kemudian diinkubasi dan diukur diameter zona hambat disekitar kertas cakram dengan menggunakan jangka sorong. Uji Anova menunjukkan bahwa ekstrak jahe (Zingiber officinale Roscoe) dapat menghambat pertumbuhan S. mutans pada berbagai konsentrasi dengan probabilitas (p>0,05) dan pada uji LSD konsentrasi 100 mg/ml merupakan konsentrasi optimum untuk menghambat S. mutans. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jahe (Zingiber officinale Roscoe) dapat menghambat pertumbuhan S. mutans dengan konsentrasi optimum adalah 100 mg/ml, sedangkan konsentrasi terendah adalah 6,25 mg/ml. Kata kunci : Jahe, Streptococcus mutans, karies gigi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSCOE) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS SECARA IN VITRO (Ana Farhana, 2015)

POTENSI DAYA HAMBAT EKSTRAK WHOLE CELL STREPTOCOCCUS MUTANS ATCC 31987 TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Nadyatul Asifa, 2015)

PENGARUH EKSTRAK LADA HITAM (PIPER NIGRUM L.) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS DALAM BERBAGAI KONSENTRASI PENGARUH EKSTRAK LADA HITAM (PIPER NIGRUM L.) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS DALAM BERBAGAI KONSENTRASI (FADLI ALWI, 2017)

PERUBAHAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR REBUSAN JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR. RUBRUM) PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2016 (Niken Yulia, 2017)

PERUBAHAN PH SALIVA BUATAN SETELAH DIPAPARKAN DENGAN EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSCOE) DAN EKSTRAK ASAM JAWA (TAMARINDUS INDICA L) BERDASARKAN KONSENTRASI (Wulanti Windasari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy