//

KONTRIBUSL PEKERJA PEREMPUAN SEKTOR INFORMAL DALAM MENDUKUNG EKONOMI RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meyza Miranda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kontribusi adalah keikutsertaan diri seseorang dalam sesuatu, baik dalam bentuk partisipasi, pemikiran ataupun materi. Sedangkan sektor informal adalah suatu bidang kegiatan ekonomi yang untuk memasukinya tidak sclalu memerlukan pendidikan formal dan keterampilan yang tinggi serta memerlukan surat-surat izin serta modal yang besar untuk memproduksi barang dan jasa. Penelitian ini dilakukan di Kota Banda Aceh, penentuan lokasi sampel ditentukan secara sengaja (purposive sampling), dengan pertimbangan bahwa di Kota Banda Aceh banyak terdapat para perempuan yang bekerja di sektor informal. Objek dari penelitian ini adalah pedagang sayur, tukang masak, penjual nasi, tukang cuci, tukang sapu jalanan dan pembantu rumah tangga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar kontribusi pekerja perempuan di sektor informal dalam mendukung ekonomi rumah tangganya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode survey. Pengumpulan data diperoleh dari Library Research (Penelitian Kepustakaan) dan Field Research (Penelitian Lapangan). Hasil penelitian menunjukkan kontribusi pekerja perempuan sektor informal di Kota Banda Aceh cukup besar terhadap pendapatan rumah tangga melalui berbagai jenis pekerjaan diantaranya pedagang sayur. tukang masak. penjual nasi, tukang cuci, tukang sapu jalanan dan pembantu rumah tangga sehingga dengan adanya pekerjaan tersebut di atas maka akan membawa manfaat yang lebih besar dalam menambah pendapatan ekonomi rumah tangga. Secara umum dapat dilihat babwa kontribusi terbesar di daerab penelitian diberikan oleh perempuan yang bekerja disektor informal sebesar 68,42 %. Akan tetapi, jika ditinjau dari jenis pekerjaan yang digeluti oleh sampel kontribusi terbesar didalam pendapatan keluarga hanya diberikan oleh perempuan yang bekerja sebagai penjual nasi dan tukang masak. Sementara jenis pekerjaan lainnya kontribusi terbesar masih diberikan oleh kepala keluarga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DINAMIKA EKONOMI SEKTOR INFORMAL DI KOTA BANDA ACEH (Hafia Febina, 2017)

POTRET SEKTOR INFORMAL DAN PERANANNYA DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI PERKOTAAN DI BANDA ACEH (ADE EKA AFRISKA, 2015)

ANALISIS PARTISIPASI PEKERJA WANITA DI SEKTOR INFORMAL DALAM MENDUKUNG EKONOMI RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS PEDAGANG DI PASAR PEUNAYONG, SEUTUI, NEUSU, KEUDAH DAN ULEE KARENG) (NELI FAUZIANA, 2020)

KONTRIBUSI SAMPAH PEDAGANG SEKTOR INFORMAL KOTA BANDA ACEH (Al Yuda Suci Pratama, 2015)

PELAKSANAAN HAK DAN KEWAJIBAN BAGI PEKERJA SEKTOR USAHA WARUNG KOPI (SUATU PENELITIAN PEKERJA WARUNG KOPI DI DUA KECAMATAN KOTA BANDA ACEH) (Julian Firdaus, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy