//

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN ZONA BERPOTENSI LIKUIFAKSI DENGAN METODE RESISTIVITAS DI KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fetty Nizarwidia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Telah dilakukan penel itian dengan menggunakan metode resistivitas konfigurasi pole- dipole di Desa Dhea Raya, Alue Naga, dan Tibang Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi struktur bawah permukaan berdasarkan variasi nilai resistivitas lapisan batuan yang berkorelasi dengan pote nsi terjadinya likuifaksi pada lokasi penelitian di Kecamatan Syiah Kuala. Proses pengambilan data di lokasi penelitian dilakukan pada 3 lintasan pengukuran dengan panjang masing - masing lintasan 200 m dan jarak antar elektroda 5 m. Pengolahan data hasil pengukuran dilakukan menggunakan software Res2Dinv untuk mendapatkan hasil pemodelan berupa penampang resistivitas 2D struktur lapisan bawah permukaan. Hasi l interpretasi data yang diperoleh dari ketiga lintasan menunjukkan bahwa daerah peneliti an secara umum terbagi atas empat lapisan batuan dengan nilai resistivitasnya berkisar antara 0.1 – 47 Ωm. Lapisan pertama terdiri dari compacted soil dengan nilai resistivitas >6 Ωm. Lapisan kedua terdiri dari intrusion soil dengan nilai resistivitas berkisar 8 Ωm . Berdasarkan analisis nilai resistivitas bawah permukaan dapat disimpulkan bahwa jenis tanah pada ketiga lokasi penelitian tergolong jenis tanah yang berpotensi likuifaksi dan terdapat pada kedalaman ±11 – 39 m dengan nilai resistivitas 0.1 – 6 Ωm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode resistivitas konfigurasi pole- dipole dapat digunakan untuk mengidentifikasi struktur bawah permukaan dangkal dalam kaitannya dengan kawasan berpotensi likuifaksi di Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Kata kunci: Struktur bawah permukaan, likuifaksi, metode resistivitas, konfigurasi pole- dipole, Kecamatan Syiah Kuala.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTERPRETASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN UNTUK MENGETAHUI ZONA KERUSAKAN JALAN DIKAWASAN ALUE NAGA, BANDA ACEH DENGAN METODE RESISTIVITAS (Rozia Navatin, 2018)

IDENTIFIKASI KEDALAMAN DAN STRUKTUR LAPISAN BAWAH PERMUKAAN JEMBATAN LAMNYONG BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS 2D (Cut Putri Handayani, 2015)

KAJIAN INTRUSI AIR LAUT BERDASARKAN VARIASI RESISTIVITAS DI SITUS COT SIDI ABDULLAH KABUPATEN ACEH UTARA (RAHMATIL ULA, 2020)

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS DAN INDUCED POLARIZATION (IP) PADA AREA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG KALENG, SABET, ACEH JAYA (Redhani Gemasih, 2016)

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS DI AREA PANAS BUMI GUNUNG BUR NI TELONG KABUPATEN BENER MERIAH (Noni Ranggayoni, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy