FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGANGGURAN DI PROVINSI ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGANGGURAN DI PROVINSI ACEH


Pengarang

Zulfa Eliza - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0301101010033

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.,

Bahasa

Indonesia

No Classification

331.137

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran di Aceh. Data yang digunakan diperoleh dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Aceh, Badan Pusat Statistik Aceh, dan Badan Investasi dan Promosi Aceh serta referensi artikel, jurnal, dan skripsi yang berhubungan dengan penelitian ini.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari tahun 1997 hingga 2007 dan metode analisis yang digunakan adalah deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh
dapat disimpulkan bahwa tingkat pengangguran di Aceh terbesar terjadi pada tahun 2000 dengan jumlah pengangguran sebesar 305.430 orang. Tingkat pengangguran terhadab terjadi pada tahun 2005 dengan jumlah pengangguran sebesar 23.349 orang. Secara umum tingkat pengangguran di Aceh bersifat fluktuatif dan cendenmg lebih dipengaruhi oleh faktorr-faktor non ekonomi yaitu faktor terganggunya keamanan dan ketertiban akibat konflik serta aktivitas rehabilitasi dan rekontruksi pasca tsunami.
Dari hasil penelitian ini disarankan kepada pemerintah dan masyarakat agar bersama -sama menciptakan situasi keamanan yang kondusif yang akan memulihkan aktivitas perekonomian. Selain itu untuk mengurangi pengangguran diperlukan perbaikan kinerja pemerintah daerah agar mendorong perbaikan yang progresif terhadap kualitas angkatan kerja dan infrastruktur yang diperlukan bagi pertumbuhan ekonomi.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK