HUBUNGAN PEMBERITAAN PADA BULLETIN RSUDZA DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA ASURANSI KESEHATAN (ASKES) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN PEMBERITAAN PADA BULLETIN RSUDZA DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA ASURANSI KESEHATAN (ASKES)


Pengarang

Dhienna Revinna - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0710102010006

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.,

Bahasa

Indonesia

No Classification

302.23

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini berjudul hubungan Pemberitaan Pada Bulletin RSUDZA Banda Aceh dengan kepuasan pasien pengguna Asuransi Kesehatan (Askes). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara Pemberitaan Pada Bulletin RSUDZA Banda Aceh dengan kepuasan pasien pengguna Asuransi Kesehatan (Askes). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, yaitu metode riset dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpul datanya dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang sejumlah sampel yang dianggap mewakili populasi tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien instalasi rawat jalan pengguna Askes Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin dari bulan Oktober-Desember 2011 yang berjumlah 18330 orang. Melalui rum s Taro Yamane dengan presisi I 0% dan tingkat kepercayaan 90%, maka besarnya sampel yang diambil adalah sebanyak 100 orang responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tabel tunggal dan uji Korelasi Rank-order Spearman's melalui rumus Koefisien Korelasi Rank Order oleh Spearman dengan bantuan piranti lunak SPSS versi 13,0. Hasilnya adalah nilai korelasi r 0,647. Untuk melihat kuat lemahnya korelasi variabel digunakan skala Guilford, dimana hasil 0,647 berada pada skala 0,40 - 0,70 yang menunjukkan adanya hubungan yang cukup berarti antara Pemberitaan Pada Bulletin RSUDZA Banda Aceh dengan kepuasan pasien pengguna Asuransi Kesehatan (Askes). Untuk hasil uji hipotesis diketahui nilai t hitung adalah sebesar 8,393. Dan nilai t tabel pada @ = 0,05 pada uji 2 sisi diiketahui sebesar 1,984. Berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu jika t hitung maka Ha, diterima, sehingga dapat dinyatakan hipotesis pada penelitian ini diterima. Artinya pemberitaan buletin yang bernama buletin RSUDZA memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kepuasan pasien pengguna Asuransi Kesehatan (Askes).

Kata kunci: Pemberitaan, Buletin, Kepuasan pasien.






Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK