//

HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE POINT BLANK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HERI KURNIAWAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Game online merupakan permainan yang dapat dimainkan orang banyak dan dapat menyebabkan kecanduan. Umumnya berrnain game online didorninasi oleh usia remaja. Kecanduan berrnain game online menimbulkan banyak permasalahan diantaranya pengaturan waktu kurang baik, kurangya waktu istirahat, kesehatan tubuh menurun dan sulit berkonsentrasi sehingga menjadi salah satu penghambat dalam belajar, yang pada akibatnya akan berpengaruh pada motivasi belajar. Motivasi belajar memegang peranan penting sebagai dorongan untuk pemberian semangat daJam belajar. Apabila individu mengalami kecanduan terhadap game online, maka cenderung tidak memiliki dorongan dan semangat dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecanduan bermain game online point blank dengan motivasi belajar pada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakan teknik Nonprobability Sampling yaitu Purposive Sampling. Data yang diperoleh dari dua skala, yaitu Kecanduan Bennain Game Online dan Skala Motivasi Belajar dengan subjek penelitian sebanyak 60 orang. Subjek penelitian adalah siswa SMP di Banda Aceh. Uji validitas dengan skor standar yang digunakan yaitu 0,273 dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rum us alpha dengan taraf signifikansi 0,05. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dari Pearson yang diperoleh skor dengan koefisien (r) = -0.309 dengan p=0,0 16. Harga p menunjukkan skor yang lebih kecil dari taraf kesalahan yang digunakan yaitu sebesar 0,05. Jika (0,016 < 0,05) dengan demikian hasil analisis menunjukkan ada hubungan antara kecanduan berrnain game online dengan motivasi belajar pada remaja. Koefisien determinasi (r) yang diperoleh = 0,096artinya sumbangan relatif kecanduan bermain game online terhadap motivasi belajar sebesar 9,6%. Artinya 9,6% motivasi belajar dipengaruhi oleh kecanduan bermain game online, dan 90,4 % dipengaruhi oleh faktor lain. Keywords : Kecanduan Bermain Game Online, Point Blank, Motivasi Belajar dan Remaja.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERILAKU MEROKOK DENGAN GAME ONLINE PADA REMAJA LAKI-LAKI SMA DI PEDESAAN ACEH BESAR (AJIRNA, 2019)

HUBUNGAN PERILAKU ADIKSI GAME ONLINE DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF REMAJA (13-15 TAHUN) DI SMP NEGERI 8 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (PUTRI ASNANI, 2013)

LANGKAH-LANGKAH PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Fahmi Zulfianda, 2020)

KONTROL DIRI REMAJA YANG KECANDUAN GAME ONLINE (PENELITIAN PADA MAHASISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA KAWAY XVI) (Rezki Saifan, 2019)

HUBUNGAN PERILAKU AGRESI DAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA MAHASISWA (Nurul Badariah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy