//

DAMPAK PENGIRIMAN TENAGA KERJA TERAMPIL KE LUAR NEGERI TERHADAP SOSIAL EKONOMI KELUARGA DI ACEH BESAR DAN KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AMRIZAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini dilakukan di dua Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh, yaitu di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pengiriman tenaga kerja terampil ke luar negeri terhadap sosial ekonomi keluarga di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan data primer. Data dianalisis dengan metode Deskrpitif melalui penyajian dan penyusunan data ke dalam tabel. Tidak Normalnya data dalam penelitian ini sehingga menggunakan metode Statistik Uji Non-Paramaetrik, dengan mengambil model yang sangat sesuai dengan kasus ini yaitu, Wilcoxon Signed Ranks Test. Seluruh data sesuai kuesioner pertanyaan: sebelum dan sesudah ke luar negeri terhadap 7 variabel sosial ekonomi. Setelah dilakukan Uji Wilcoxon, dari pembuktian hipotesis menunjukan bahwa dari 7 variabel sosial ekonomi, terdapat 4 variabel sosial ekonomi yang mengalami perbedaan sebelum dan sesudah ke luar negeri yaitu, Jumlah Tanggungan, Kondisi Perumahan, Pendapatan, dan Konsumsi, sedangkan untuk 3 variabel tidak mengalami perubahan sebelum dan sesudah ke luar negeri yaitu, Pendidikan, Kesehatan dan Aset. Oleh sebab itu, kondisi sosial ekonomi kehidupan para tenaga kerja terampil lebih baik setelah mereka pulang bekerja sebagai tenaga kerja terampil dari luar negeri, artinya ada dampak positif dari pengiriman tenaga kerja terampil ke luar negeri terhadap sosial ekonomi keluarga di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh. Kata Kunci : Kondisi Sosial Ekonomi Sebelum dan Sesudah Ke Luar Negeri

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG TENAGA KERJA MELAJU DARI KABUPATEN ACEH BESAR KE KOTA BANDA ACEH (AYU SIMAH BENGI, 2017)

UPAYA INSTITUSI SOSIAL DALAM MENANGGULANGI PENGEMIS ANAK DI KOTA BANDA ACEH (STUDI TERHADAP INSTITUSI FORMAL DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA DI KOTA BANDA ACEH) (Nurul Hidayati, 2017)

DAMPAK PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN MELALUI KREDIT MIKRO TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA DI KOTA LHOKSEUMAWE (Safnina Sukma, 2015)

UPAYA DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA DALAM MENANGGULANGI PENGEMIS DI KOTA BANDA ACEH (Afzal, 2016)

PROFIL URBAN KOTA BANDA ACEH (Dimas Alifiansyah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy