//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIPADUKAN DENGAN TIPE TALKING STICK UNTUK KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEVI DARMIYANTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Darmiyanti, Devi. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Facilitator and Explaining dipadukan dengan tipe Talking Stick Untuk keaktifan belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri1Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Mawardi, M.Hum., M.A. (2) Nurasiah, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Students Facilitator and Explaining, Talking Stick, Keaktifan, SMP Negeri 1 Teunom Salah satu upaya mengatasi masalah kurangnya keaktifan belajar siswa adalah dengan penerapkan model pembelajaran kooperaif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dipadukan dengan tipe Talking Stick untuk keaktifan belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Teunom. Metode Penelitian ini ialah kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Subjek penelitian ialah siswa kelas VIII b yang berjumlah 24 orang siswa, diambil berdasarkan referensi guru mata pelajaran IPS, dengan mempertimbangkan keadaan siswa kelas tersebut yang kurang aktif sehingga memungkin untuk peneliti memeproleh data. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi. Berdasarkan hasil analisis data lembar observasi diketahui bahwa siswa dapat terlibat secara aktif, hal ini dibuktikan dengan pencapaian indikator keaktifan belajar siswa yang telah ditetapkan dan mencapai tujuan pembelajaran. Secara keseluruhan dikelas penelitian tingkat keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPS sebesar 78% kecenderungan 78 ≥ 60 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dipadukan dengan Talking Stick dapat meningkatkan keaktfan belajar IPS siswa kelas VIII b SMP Negeri 1 Teunom, Aceh Jaya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Rahmi Yulis, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Rosnita, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nori Arjuliadi, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI MINYAK BUMI PADA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Sri Ninta Br Sinulingga, 2014)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA N 8 BANDA ACEH (Juli Melya Sari, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy