//

PERSEPSI GURU KIMIA TERHADAP LITERASI SAINS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZULHARVENI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan manusia Indonesia yang seutuhnya. Berdasarkan dalam hal tersebut maka diperlukan pengembangan dari berbagai ilmu pengetahuan agar dapat meningkatkan kualitas belajar dan kecerdasan bagi suatu bangsa. Oleh sebab itu telah dilakukan penelitian yang berjudul Persepsi Guru Kimia Terhadap Literasi Sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru-guru mata pelajaran kimia terhadap literasi sains di beberapa SMA yang ada di Aceh. Sampel dari penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran kimia yang ada di Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa kuisoner dalam bentuk online. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada penelitian ini, dari 26 orang guru kimia yang mengisi angket, mayoritas guru-guru kimia telah menerapkan literasi sains pada proses belajar mengajar setelah adanya penerapan kurikulum 2013. Sebelum penerapan kurikulum 2013 guru-guru masih sering menggunakan pembelajaran langsung/ceramah. Guru-guru yang ada di beberapa daerah di Aceh sangat mendukung penerapan literasi sains pada pembelajaran kimia. Guru-guru sangat ingin mengikuti pelatihan-pelatihan mengenai literasi sains yang akan diadakan. Komunitas Pembelajaran Profesional (MGMP) sangat mendukung pelaksanaan literasi sains khususnya pelajaran kimia. Kata Kunci : Persepsi, Guru Kimia, Literasi Sains

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU AJAR KIMIA KELAS X DI SMA KABUPATEN BIREUEN (Anna Zikrina, 2017)

ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU AJAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN BENER MERIAH (Khairil Anbiya, 2018)

PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON- ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X (Putri Dewi Septiani, 2018)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI SEMESTER GENAP (STUDI KASUS DI SMA/MAN KOTA BANDA ACEH) (Faisal Al-Banna, 2019)

KORELASI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL FISIKA BERBENTUK NUMERIK DENGAN LITERASI SAINS DI SMA NEGERI 1 SEUNAGAN (MELI MULIANA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy