//

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PASIEN DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang cut cika amelia - Personal Name
SubjectCONSUMER PROTECTION-LAW
MEDICAL PERSONNEL-LAW
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK CUT CIKA AMELIA, PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PASIEN DALAM PERSPEKTIF UNDANG–UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (iv, 68), pp., bibl., app. T.HAFLISYAH, S.H., M.Hum. Dalam perkembangan hidup manusia membuktikan bahwa, setiap manusia tanpa memperhatikan status sosialnya berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Kesehatan adalah salah satu kebutuhan manusia. Jika manusia tidak merawat kesehatannya maka tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik. Dalam keadaan sakit manusia membutuhkan seorang dokter. Orang sakit sering disebut sebagai pasien. Pasien dalam keadaan ini disebut juga sebagai konsumen jasa. Pasien sangat membutuhkan pertolongan dokter dalam penyembuhan penyakitnya. Dalam keadaan seperti ini, akan terjadinya suatu hubungan antara dokter dengan pasien dalam pelayanan medis. Hubungan tersebut harus terjalin dengan baik. Namun masih banyak terjadi hubungan tidak baik antara dokter dengan pasien. Sehingga dapat terjadi malpraktik dan sengketa antara pasien dengan pelayanan medis. Dalam penulisan ini yang menjadi permasalahannya yaitu bagaimana perlindungan hukum bagi pasien dalam perspektif Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan bagaimana upaya hukum penyelesaian sengketa pasien sebagai konsumen jasa pelayanan medis ditinjau dari perundang-undangan di Indonesia. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, dipergunakan metode penelitian yuridis normatif atau penelitian kepustakaan. Sumber bahan penelitian dapat dibagi dari sudut kekuatan mengikatnya, antara lain bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dalam undang-undang perlindungan konsumen tidak diatur secara khusus bentuk perlindungan hukum bagi pasien, namun pasien dapat disebut sebagai konsumen jasa. Dengan demikian pasal-pasal yang ada di dalam undang-undang perlindungan konsumen dapat dikaitkan dengan pasien seperti hak dan kewajiban konsumen. Namun ada juga pasal-pasal yang ada didalam undang-undang perlindungan konsumen tidak dapat dikaitkan dengan pasien. Dalam penyelesaian sengketa antara pasien dengan pelayanan medis dapat dilakukan melalui 2 jalur, yaitu: jalur litigasi (diluar peradilan) dan jalur nonlitigasi (di peradilan). Setiap pasien harus memahami hak dan kewajibannya, sehingga jika terjadi masalah malpratik dapat memahami hak dan kewajiban pasien. Dengan diaturnya dalam undang-undang perlindungan konsumen dapat memberikan adanya upaya kepastian hukum bagi pasien. Dan jika terjadi sengketa dapat dilakukan perundingan secara kekeluargaan, tidak harus menempuh jalur pengadilan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELAKU USAHA ONLINE SHOP ATAS TINDAKAN HIT AND RUN YANG DILAKUKAN KONSUMEN (M SYAHRUL KHAIRAH, 2019)

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN PENGANIAYAAN BERAT YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH) (ELLY SEPTIANI, 2018)

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA OBAT PELANGSING YANG BERBAHAYA DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (BELLA SUKMA PRATIWI, 2016)

KLAUSULA AKAD RAHN PADA PEGADAIAN SYARIAH MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN (IHYANNISAK ZAIN, 2019)

TANGGUNG JAWAB DOKTER SPESIALIS KECANTIKAN DALAM PERJANJIAN TERAPEUTIK DIKAITKAN DENGAN HAK KONSUMEN PENGGUNA KLINIK KECANTIKAN (Syafri Ramjaya Noor, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy