//

PERBANDINGAN TINGKAT KESIAPSIAGAAN DALAM MENGHADAPI GEMPA BUMI DAN TSUNAMI BERDASARKAN ZONA KERENTANAN TSUNAMI PADA IBU HAMIL DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ARDIANSYAH YOLANDA PUTRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Indonesia merupakan salah satu daerah rawan bencana yang disebabkan bahaya alam jika dilihat secara letak geografis dan geologisnya. Tingginya angka kejadian bencana yang terjadi terkhusus di Provinsi Aceh sebagai daerah peringkat keempat dengan angka kejadian bencana terbanyak dalam kurun 2014-2019 menunjukkan perlunya upaya pengurangan risiko bencana yang lebih baik. Dalam upaya pengurangan risiko bencana tersebut, kelompok rentan seperti ibu hamil yang menjadi prioritas saat fase tanggap bencana juga harus memiliki kesiapsiagaan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kesiapsiagaan dalam menghadapi gempa bumi dan tsunami berdasarkan zona kerentanan tsunami pada ibu hamil di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Tingkat kesiapsiagaan diukur dengan menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh LIPI-UNESCO/ISDR. Sampel diambil dengan metode stratified random sampling. Jumlah sampel minimal sebanyak 60 ibu hamil. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan mayoritas ibu hamil memiliki tingkat kesiapsiagaan pada kategori siap sebanyak 37 orang (61,7%), 12 orang (66,7%) di zona III, 11 orang (57,9%) di zona II, dan 14 orang (60,9%) di zona I. Analisis data menggunakan uji Kruskal Wallis diperoleh nilai P-Value sebesar 0,448 (>0,05). Kesimpulan pada penelitian ini didapatkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kesiapsiagaan dalam menghadapi gempa bumi dan tsunami berdasarkan zona kerentanan tsunami pada ibu hamil di Kota Banda Aceh. Kata Kunci: Kesiapsiagaan bencana, Zona kerentanan tsunami, Ibu hamil

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN INDEKS KESIAPSIAGAAN SISWA SMA NEGERI MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI BERDASARKAN ZONA KERENTANAN TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH (ROSA ELYZA PUTRI, 2020)

PERBEDAAN TINGKAT KESIAPSIAGAAN DOKTER PUSKESMAS DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI BERDASARKAN ZONA KERENTANAN TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH (BALQIS QONITA, 2020)

PERBEDAAN TINGKAT KESIAPSIAGAAN PENDERITA PENYAKIT JANTUNG KORONER DALAM MENGHADAPI GEMPA BUMI DAN TSUNAMI BERDASARKAN ZONA KERENTANAN TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH (Izzatun Nisa, 2020)

PERAN GURU GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI SISWA SMA DI KOTA BANDA ACEH (SIGNORINA KASVIA, 2019)

PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATERI GEMPA BUMI DAN TSUNAMI UNTUK KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTA BANDA ACEH (Misrayana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy