//

GAMBARAN PEMENUHAN TUGAS PERKEMBANGAN KELUARGA PADA LANSIA DENGAN STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fenica Ramadhan - Personal Name
SubjectSTROKE (DISORDER)-MEDICINE
ELDERLY PEOPLE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Stroke merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan ketidakmampuan dan kematian pada lansia. Lansia dengan stroke mengalami penurunan kemampuan dari segala aspek terutama kesehatan dan fisiknya sehingga membutuhkan keluarga untuk memenuhi tugas perkembangan. Keluarga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan biologis, imperative (saling menguatkan), budaya dan aspirasi, serta nilai-nilai keluarga pada lansia yang mengalami stroke. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemenuhan tugas perkembangan keluarga pada lansia dengan stroke di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh 2014. Desain penelitian adalah deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 46 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara terpimpin. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner berbentuk skala likert yang terdiri dari 26 item pernyataan. Data dianalisa dengan sistem SPSS dengan menentukan persentase kategori baik dan kurang. Hasil pengumpulan data didapat bahwa pemenuhan tugas perkembangan keluarga pada lansia dengan stroke berada pada kategori kurang (58,7%) yang meliputi empat subvariabel yaitu mempertahankan pengaturan hidup yang memuaskan pada kategori baik (97,8%), penyesuaian terhadap pendapatan yang menurun pada kategori kurang (63%), pemeliharaan ikatan keluarga antar generasi pada kategori kurang (71,7%), dan meneruskan untuk memahami eksistensi usia lanjut pada kategori kurang (69,6%). Diharapkan kepada keluarga agar dapat membantu, memberikan dorongan dan dukungan kepada lansia dengan stroke untuk dapat memenuhi tugas perkembangannya. Kata kunci : Tugas perkembangan keluarga, lansia, stroke Daftar bacaan : 26 buku + 6 jurnal + 1 sumber online (2000-2013)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENGETAHUAN PERAWAT DALAM MENINGKATKANRNKUALITAS HIDUP PASIEN STROKE ISKEMIKRNDI RUMAH SAKIT UMUM DAERAHRNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2014 (NANDA SYLVIA, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA TENTANG FAKTOR RISIKO YANG DAPAT DIKONTROL DENGAN PENCEGAHAN SERANGAN STROKE BERULANG DI RUANG RAWAT SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Muhammad Syah, 2013)

STRES, KECEMASAN DAN DEPRESI PADA PASIEN STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NOFAN TRIANSYAH. NAZ, 2019)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS RNHIDUPPASIEN STROKE DI RUANG REHABILITASI MEDIK RNRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH TAHUN 2014 (EKA SUNNIATI, 2014)

HUBUNGAN GAMBARAN ELEKTROKARDIOGRAM DENGAN STROKE ISKEMIK AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rahmadaniartini Bay, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy