//

HUBUNGAN KERJA ANTARA PETANI SAYUR DENGAN PENGEPUL DI DESA BALE SIMPANG TIGA KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DARMAN SYADRI PT - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hubungan kerja petani-pengepul merupakan sebuah bentuk hubungan sosial antara yang membutuhkan modal (petani) dengan mereka yang membutuhkan barang (pengepul). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola hubungan kerja yang terbentuk antara petani sayur dengan pengepul sehingga petani masih tetap melanjutkan interaksi hubungan kerja tersebut walaupun kebanyakan dari mereka cenderung dirugikan dari adanya hubungan kerja dengan pengepul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini berjumlah sembilan orang, 6 orang dari pihak petani dan 3 orang lainya dari pihak pengepul. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pertukaran (Ketergantungan-Kekuasaan) yang dipopulerkan oleh Richard Emerson. Hasil dari penelitian ini, mayoritas hubungan petani dengan pengepul hanya karena faktor permasalahan modal, uang hasil panen yang digunakan sebagai modal bertani habis untuk keperluan sehari-hari, petani mengalami ketergantungan dengan pengepul diakibatkan hasil panen tidak sepenuhnya dibayarkan untuk melunasi hutang modal, sehingga mau tidak mau hubunga kerja tersebut harus terus berlanjut, karena petani tidak mempunyai akses untuk mengetahui berapa harga sayuran mereka jika dibeli oleh pengepul utama mengakibatkan pengepul dengan leluasa dapat memonopoli harga beli pada sayuran tersebut. Kata kunci : Hubungan Kerja, Petani Sayur, Pengepul, Pertukaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBEDAAN PENDAPATAN PETANI KOPI ORGANIK DAN PETANI KOPI ANORGANIK PADA JENIS KOPI ARABIKA DI DESA PONDOK SAYUR KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (Ita Erfina, 2020)

KECENDERUNGAN ORANG TUA UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK (SUATU PENELITIAN PADA PETANI DI DESA BENER PEPANYI KABUPATEN BENER MERIAH) (MIRAWATI, 2014)

STUDI PRODUKSI DAN SISTEM PEMASARAN DALAM AGRIBISNIS KENTANG DI KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH (LUSIANA, 2020)

INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS JAWA DENGAN ETNIS GAYO DI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (1978-2010) (Nera Maya, 2020)

KETAHANAN SOSIAL MASYARAKAT GAYO DALAM MEMPERTAHANKAN BUDAYA SUKUT PADA RESEPSI PERNIKAHAN (SUATU PENELITIAN DI KAMPUNG BALE REDELONG KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH) (Nursaadah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy