//

EKOFEMINISME DAN PERAN PEREMPUAN PADA MASALAH LIMBAH INDUSTRI PT.LCI DI DESA NAGA UMBANG KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DWIKY AZIZ MAHARADJA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perlindungan hutan dan lingkungan seringkali menjadi prioritas terakhir bagi sebahagian manusia, hal ini disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi lebih sering diposisikan sebagai lawan dari perlindungan hutan dan lingkungan. Kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh tindakan eksploitasi alam mengakibatkan terjadinya konflik sosial antara perusahaan dan masyarakat yang terkena dampak terutama kaum perempuan. Keberadaan Perempuan seringkali diabaikan dalam isu pelestarian lingkungan, padahal mereka memiliki peran strategis di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan alasan- alasan dilaksanakanannya gerakan perempuan dalam melindungi desa atau tempat tinggal mereka di Desa Naga Umbang Kecamatan Lhokga Kabupaten Aceh Besar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ekofeminisme dan Keadilan Ekologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah orang-orang yang dapat memberikan informasi terhadap permasalahan yang penulis teliti. Hasil penelitian ini menunjukkan perjuangan yang dilakukan perempuan untuk mendapatkan lingkungan yang bersih dilakukan dengan cara mengadvokasi langsung ke perusahaan pabrik bersama LSM peduli lingkungan. Pencemaran lingkungan akan menyebabkan menurunnya mutu lingkungan hidup, sehingga akan mengancam kelangsungan makhluk hidup, terutama ketenangan dan ketentraman manusia. Pengertian dan persepsi yang sama dalam memahami pentingnya lingkungan hidup bagi kelangsungan hidup manusia akan dapat mengendalikan tindakan dan perilaku manusia untuk lebih mementingkan lingkungan hidup. Pemerintah daerah seharusnya dalam melakukan pengembangan industri diharapkan lebih memperhatikan masyarakat dalam merespon aspirasi penolakan terhadap pembangunan agar dapat selaras dengan pelestarian dan perlindungan lingkungan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KERAJINAN LIMBAH KELAPA DI GAMPONG NUSA KECAMATAN LHOKNGAKABUPATEN ACEH BESAR (Cut Wilisa, 2018)

PERAN PEREMPUAN DALAM USAHAT ANI BENGKUANG DI DESA BLANG LAMBARO KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Dewi Sartika, 2020)

ANALISIS FINANSIAL INDUSTRI PENGOLAHAN JERNANG (STUDI KASUS PADA CV. USAHA DARAH NAGA) DI DESA KUALA BHEE KECAMATAN WOYLA KABUPATEN ACEH BARAT (RIDA VIRONITA, 2020)

KONTRIBUSI PEKERJA PEREMPUAN TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA PADA HOME-INDUSTRI KUE ARAFITRNDI DESA PAYA KECAMATAN TRIENGGADENGRNKABUPATEN PIDIE JAYA (yusniar, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG RNMEMPENGARUHI TRANSFORMASI TENAGA KERJA WANITA DARI PERTANIAN KE RNINDUSTRI KERAJINAN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Rauzatul Azani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy