//

PARASOCIAL ROMANTIC RELATIONSHIP DAN ROMANTIC BELIEFS PADA PENONTON DRAMA KOREA DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WULAN ARINUR INDAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Drama Korea dengan cerita romantis menjadi salah satu tayangan favorit bagi kaum perempuan di Indonesia termasuk di Kota Banda Aceh. Penghayatan selama menonton kemudian dapat membuat individu merasakan hubungan tatap muka yang tidak nyata dengan melibatkan ketertarikan fisik dan perasaan romantis yang kuat terhadap media figur, dimana hal ini kemudian dikenal dengan istilah parasocial romantic relationship (PSRR). PSRR yang terjadi hanya didalam imajinasi, menghasilkan harapan yang ideal dimana hal ini akan memengaruhinya dalam membangun kepercayaan romantis (romantic beliefs) yang tidak realistis. Penelitian ini kemudian dilakukan untuk melihat hubungan antara parasocial romantic relationship dan romantic beliefs pada penonton drama Korea di Kota Banda Aceh dengan metode kuantitatif dan dilakukan pada 102 penonton drama dengan jenis kelamin perempuan. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Parasocial Love Scale oleh Tukachinsky (2011) dan Romantic Beliefs Scale yang disusun oleh Sprecher dan Metts (1989). Hasil analisis penelitian kemudian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara parasocial romantic relationship (PSRR) dan romantic beliefs, dengan nilai koefisiensi korelasi (r)=0,549 (p=0,00). Hal ini mengindikasikan bahwasanya semakin tinggi parasocial romantic relationship maka semakin tinggi pula romantic beliefs-nya. Sebaliknya, semakin rendah parasocial romantic relationship maka semakin rendah pula romantic beliefs pada penonton drama Korea di Kota Banda Aceh. Hal ini juga mengartikan bahwasanya sampel penelitian penonton drama Korea di Kota Banda Aceh hampir seluruhnya mengalami parasocial romantic relationship dan memiliki idealisme terhadap hubungan romantis atau yang disebut dengan romantic beliefs. Kata Kunci: Parasocial Romantic Relationship (PSRR), Romantic Beliefs, Drama Korea

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PARASOCIAL RELATIONSHIP TERHADAP EKUITAS PELANGGAN DENGAN SIKAP PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI TERHADAP PELANGGAN MEREK RIA MIRANDA DIKOTA BANDA ACEH) (DWINA MAYNISA, 2019)

DAMPAK MENONTON DRAMA KOREA “BOYS BEFORE FLOWERS” TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU REMAJA SMA NEGERI 13 BANDA ACEH (NURIE PUSPITA SARI, 2014)

TINGKAT KEPUASAN AUDIENCE TERHADAP DRAMA KOREA “THE HEIRS” DENGAN DRAMA INDIA “MAHABARATA” (STUDI TERHADAP MASYARAKAT KABUPATEN PIDIE) (Alviyanti Rahmazani, 2016)

DAMPAK KETERGANTUNGAN MENONTON DRAMA KOREA TERHADAP PERILAKU MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Herpina, 2017)

MOTIVASI EKSTRINSIK MAHASISWA MENONTON DRAMA KOREA (Ira Yulianti Marbun, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy