//

STRUKTUR KOMUNITAS AVERTEBRATA AIR INVASIF PADA EKOSISTEM TERUMBU KARANG DI KKPD PISISI SIMEULUE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YAYANG RIFKA PUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Terumbu karang merupakan habitat berbagai biota laut untuk tumbuh dan berkembang biak. Biota-biota yang berasosiasi dengan terumbu karang ada yang dapat menyebabkan kerusakan pada terumbu karang terutama avertebrata air invasif yang bersifat sebagai predator karang, sehingga memberikan dampak pada kerusakan struktur komunitas karang ataupun pada kelimpahan jenis karang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas avertebrata air invasif melalui pendekatan kelimpahan, keanekaragaman, keseragaman, dominansi, distribusi, dan perbandingan kelimpahan avertebrata air invasif dengan tutupan terumbu karang pada ekosistem terumbu karang di KKPD PISISI. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2019 menggunakan metode purposive sampling untuk penentuan titik stasiun, sedangkan pengambilan data avertebrata air invasif menggunakan metode belt transect dan pengambilan data terumbu karang menggunakan metode Point Intercept Transect (PIT). Hasil penelitian ditemukan bahwa struktur komunitas avertebrata air invasif di KKPD PISISI tergolong dalam kategori baik yang ditunjukkan melalui nilai kelimpahan total avertebrata air invasif sebesar 39,67 ind/m2, indeks keanekaragaman avertebrata air invasif sebesar 1,50 dengan kategori sedang, indeks keseragaman sebesar 1,06 dengan kategori tinggi dan indeks dominansi sebesar 0,44 dengan kategori rendah. Distribusi avertebrata air invasif di KKPD PISISI tergolong ke dalam distribusi mengelompok. Perbandingan kelimpahan avertebrata air invasif tertinggi sebesar 12,83 ind/m2 dan persentase tutupan karang sebesar 29,83% serta kelimpahan avertebrata air invasif terendah 3,67 ind/m2 dan persentase tutupan karang sebesar 54,67% menunjukkan adanya pengaruh antara kelimpahan avertebrata air invasif terhadap persentase tutupan karang. Kata Kunci: Avertebrata Air Invasif, Distribusi, Struktur Komunitas, Terumbu Karang

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI TEMPORAL KOMUNITAS IKAN KARANG PADA PERAIRAN PANTAI KRUENG RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Siti Nur Fajri, 2017)

KELIMPAHAN IKAN HERBIVORA DAN REKRUT KARANG DI PERAIRAN ACEH BESAR (indra, 2014)

KOMPOSISI IKAN KARANG DI PERAIRAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Heriadi, 2015)

PENGARUH MEDIA TRANSPLANTASI TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN KARANG ACROPORA DAN POCILLOPORA DI TWAL PULAU WEH (NANDA MUHAMMAD RAZI, 2020)

PENGELOLAAN EKOSISTEM TERUMBU KARANG OLEH MASYARAKAT DI KAWASAN LHOKSEUDU KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR PENGELOLAAN EKOSISTEM TERUMBU KARANG OLEH MASYARAKAT DI KAWASAN LHOKSEUDU KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR PENGELOLAAN EKOSISTEM TERUMBU KARANG OLEH MASYARAKAT DI KAWASAN LHOKSEUDU KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Wilda Yuliani , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy