//

PERBEDAAN STRES MAHASISWA PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASISRNKOMPETENSI DAN KURIKULUM BERBASIS ISI FAKULTAS KEPERAWATANRNUNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Sarach - Personal Name
SubjectSTRESS-PSYCHOLOGY
MEDICAL-EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Stres pada mahasiswa dapat mempengaruhi prestasi belajar. Ketika mahasiswa mengalami stres maka prestasi belajar akan menurun sehingga dapat mempengaruhi prestasi belajar. Ringan atau beratnya stres yang muncul pada mahasiswa sangat dipengaruhi oleh kemampuan mahasiswa dalam menghadapi proses perkuliahan baik dari segi fisik, mental, emosional, lingkungan, sosial, dan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan stres mahasiswa pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi dan kurikulum berbasis isi Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh 2014. Penelitian telah dilakukan pada 14 Mei sampai 2 Juni 2014 di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif comparative dengan desain cross sectional study, pengambilan sampel menggunakan quota sampling dengan jumlah responden 83 mahasiswa pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi dan 83 mahasiswa pembelajaran kurikulum berbasis isi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner DASS (Depression Anxiety Stress Scale). Dengan cara ukur angket, hasil analisa data menggunakan uji t (t-test independent). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan stres antara mahasiswa pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi dengan kurikulum berbasis inti (p hitung 0,006< α 0,05). Pada mahasiswa kurikulum berbasis isi diperoleh tingkat stres normal 62,7%, tingkat stres sedang 7,2% dan tingkat stres berat sebanyak 3,6%, sedangkan pada kurikulum berbasis kompetensi diperoleh mahasiswa dengan tingkat stres normal 49,4% tingkat stres sedang 24,1% serta stres berat sebanyak 8,4%. Diharapkan untuk pihak Fakultas Keperawatan perlu meningkatkan peran dosen Pembimbing Akademik dalam memberi bimbingan konseling terhadap mahasiswa gunanya untuk meningkatkan prestasi belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Arif Zailani Siregar, 2013)

GAMBARAN STRES PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER YANG SEDANG MELAKUKAN PENYUSUNAN SKRIPSI DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (riska handriani, 2014)

HUBUNGAN STRATEGI KOPING DENGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (M RIJALUL FAKHRI, 2018)

MANAJEMEN WAKTU BELAJAR ANTARA MAHASISWA KURIKULUM KONVENSIONAL DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TAHUN 2013 (Yursilisna, 2014)

GAMBARAN LOCUS OF CONTROL MAHASISWA KURIKULUMRNKONVENSIONAL DAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSIRNPADA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATANRNFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITASRNSYIAH KUALA TAHUN 2013 (Raisha Armaliza Bahar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy