//

PERBANDINGAN KEPUASAN ANTARA PASIEN ASURANSI KESEHATAN (ASKES) DANRNJAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DI RUANG RAWAT INAP KELASRNIII RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SISKA SRI REZKI - Personal Name
SubjectNURSING SERVICE
PATIENS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kepuasan adalah tingkat perasaan yang dirasakan pasien setelah membandingkan antara pelayanan kesehatan yang diterima dengan harapan. Ada lima dimensi untuk mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yaitu : tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Tujuan penelitian ini memperoleh gambaran tingkat kepuasan pasien Askes dan Jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Pengumpulan data dari tanggal 23 Mei sampai 03 Juni 2014. Jenis penelitian descriptive comperative. Desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional study. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling. Sampel penelitian ini adalah 75 responden Askes dan 75 responden Jamkesmas. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Analisa data dilakukan dengan menentukan nilai kenyataan-harapan. Hasil penelitian diperoleh: pada dimensi tangible, pasien Jamkesmas memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi (54,7%) dibandingkan pasien Askes (40%), reliability, pasien Jamkesmas memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi (53,3%) dibandingkan pasien Askes (33,3 %), responsiveness, pasien Askes memiliki tingkat kepuasan lebih tinggi (57,3%) dibandingkan pasien Jamkesmas (26,7%), assurance, pasien Askes memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi (57,3%) dibandingkan pasien Jamkesmas (37,3%), emphaty, pasien Jamkesmas memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi (53,3%) dibandingkan pasien Askes (34,7%), secara keseluruhan indek kepuasan pasien Jamkesmas 36,92% lebih baik dibandingkan dengan indek kepuasan pasien Askes 36,63% terhadap kualitas pelayanan di ruang rawat inap kelas III. Saran yang dapat penulis berikan kepada seluruh tenaga kesehatan di RSUD dr. Zainoel Abidin agar meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sehingga pasien merasa puas terhadap pelayanan kesehatan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018 (CUT FASYA ZALISKA, 2019)

PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK TAHUN 2013 (Fauzan Safwandi, 2013)

TINGKAT KEPUASAN PASIEN JKA DAN ASKES YANG MENJALANI OPERASI DI BADAN PELAYANAN UMUM RSUDZA BANDA ACEH (Fera Andriani, 2021)

STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PESERTA ASKES DENGAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN ASURANSI KESEHATAN DI RSUDZA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rizka Ramadhayansyah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy