//

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI NILAM ANGGOTA DAN NON ANGGOTA KOPERASI INDUSTRI NILAM ACEH (KINA) DI KECAMATAN PANGA,KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DIAN RIYANTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tanaman nilam merupakan kelompok tanaman yang dapat menghasilkan minyak atsiri, Aceh Jaya merupakan salah satu Kabupaten penghasil nilam yang memiliki potensi yang baik untuk konstribusi pendapatan para petani. Dalam budidaya nilam di Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya masih mengalami beberapa permasalahan dan kendala,Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh petani adalah dengan kelembagaan agribisnis KINA (Koperasi Industri Nilam Aceh). Dari 84 nilam hanya 19 petani yang bergabung dengan KINA. Tujuan dari penelitian adalah untuk megetahui apakah terdapat perbedaan pendapatan antara petani nilam anggota KINA dengan pendapatan petani nilam non anggota KINA.Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah anlisis pendapatan dan uji “z”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil uji statistik terhadap data rata-rata pendapatan usahatani nilam antara petani anggota KINA dan petani non anggota KINA terdapat perbedaan yaitu terlihat dari zhitung (34,49) > ztabel (1,96) dengan ???? = 5% maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan kaidah keputusan terdapat perbedaan pendapatan usahatani nilam antara petani nilam anggota KINA dengan petani nilam non anggota KINA.Adapun besarnya pendapatan rata-rata petani anggota KINA mencapai Rp. 57.631.719 per musim panen dan petani nilam non anggota KINA hanya Rp. 43.787.351 per musim panen.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS RISIKO PRODUKSI NILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH) DI KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA (HUSNUL KHATIMAH, 2021)

ANALISIS KONTRIBUSI USAHATANI PADI SAWAH DAN USAHATANI NILAM TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI KECAMATAN KLUET SELATAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Effendi, 2020)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PETANI TERHADAP USAHATANI NILAM DI KABUPATEN ACEH JAYA (Reka Anggraini, 2019)

ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENYULINGAN MINYAK NILAM STUDI KASUS: KOPERASI INDUSTRI NILAM ACEH JAYA (KINA JAYA) (Rizki Alif Maulana, 2020)

RANTAI PASOK PADA INDUSTRI MINYAK NILAM MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (STUDI KASUS: KABUPATEN ACEH JAYA) (REZA AULIA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy