//

MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN MODEL SENTRA DAN LINGKARAN DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTIAWATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mutiawati. 2020. Mengembangkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Sentra dan Lingkaran di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Bahrun, M.Pd. (2) Siti Naila Fauzia, M.Pd. Kata kunci: Perilaku Prososial, Model Sentra dan Lingkaran, Anak Usia Dini. Perilaku prososial merupakan perilaku yang dimiliki oleh seseorang untuk berbuat baik kepada orang lain yaitu menolong tanpa meminta imbalan, berbagi kepada orang lain, saling bekerja sama, dan memiliki rasa kasih sayang yang tinggi kepada orang lain. Model sentra dan lingkaran adalah suatu pembelajaran PAUD yang berfokus pada anak yang dalam proses pembelajarannya berpusat di sentra main dan saat anak dalam lingkaran. Hasil observasi yang telah dilakukan di TK IT Mon Kuta Banda Aceh terdapat 8 orang anak belum terlihat perilaku prososial. Terdapat anak yang sedang bermain lalu terjatuh, belum ada anak lainnya yang mau membantu serta belum ada anak yang bisa memahami perasaan temannya. Anak juga belum bisa mengerti apa yang temannya inginkan ketika temannya yang lain telah lama menunggu giliran untuk memainkan alat permainan yang telah dipakainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperbaiki perkembangan perilaku prososial anak 5-6 tahun melalui model sentra dan lingkaran. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan unjuk kerja. Subjek dalam penelitian ini adalah anak TK B di TK IT Mon Kuta Banda Aceh tahun ajaran 2018/2019, yang berjumlah 8 orang anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model sentra dan lingkaran dapat mengembangkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun dengan maksimal dalam waktu 6 kali pertemuan yang terbagi masing-masing dalam III siklus. Model sentra dan lingkaran sangat tepat dan sangat direkomendasikan untuk diterapkan di PAUD terutama di jenjang TK guna mengembangkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun dengan baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENANAMKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK USIA DINI (Desi Ratna Sari, 2021)

MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK FKIP UNSYIAH DARUSSALAM BANDA ACEH (NUR HAYATI, 2018)

MENGEMBANGKAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI TK HARAPAN BANGSA (PUTRI LEVIANA, 2019)

POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK TK DI KABUPATEN BENER MERIAH (LISTIANDARI, 2019)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL AKSARA MELALUI MEDIA HURUF AMPELAS DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (HAIRA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy