//

DAMPAK PROFESI PETANI KOPI DALAM MENGURANGI KEMISKINAN PADA MASYARAKAT PETANI KOPI DI KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD DIMAS - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sektor perkebunan merupakan sektor yang strategis dalam mengurangi kemiskinan. Di Kabupaten Aceh Tengah kopi merupakan salah satu komoditi perkebukan yang berpotensi dalam meningkatkan laju perekonomian daerah dan kopi di Kabupaten Aceh Tengah memiliki aroma yang khas sehingga memiliki harga yang tinggi. Namun di Kabupaten Aceh masih terdapat masyarakat yang tergolong miskin. Maka di perlukan analisis dampak profesi petani kopi dalam mengurangi kemiskinan pada masyarakat petani di Kabupaten Aceh Tengah. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana dampak profesi petani kopi dalam mengurangi kemiskinan pada masyarakat petani di Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi probit untuk melihat karakteristik petani kopi dengan petani non kopi yang berbeda signifikan dan menggunakan analisis Propensity score matching (PMS) untuk melihat dampak profesi petani kopi dalam mengurangi kemiskinan pada masyarakat petani kopi di Kabupaten Aceh Tengah. Hasil penelitian ini yaitu pada tahun 2019 karakteristik yang berbeda signifikan antara petani kopi dengan petani non kopi (petani tanaman padi dan palawija, petani hortikultura, dan kehutanan) di kabupaten Aceh Tengah yaitu umur, pendidikan, akses terhadap makanan menyantap sedikit makanan dan aset memiliki sepeda motor. Kemudian dampak profesi petani kopi dalam menurunkan tingkat kemiskinan di Kabupaten Aceh Tengah yaitu dilihat bahwa hasil yang di dapapatkan petani kopi memiliki perbedaan selisih total aset (Lemari es/kulkas, Ac, Telpon rumah, komputer/laptop, Sepeda motor, Mobil, Televisi layar 30 inc) lebih banyak dibandingkan dengan petani non kopi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENDAPATAN DAN PENGELUARAN PETANI KOPI DI DESA DALING KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH (fitria mayani, 2013)

DAMPAK PERUBAHAN IKLIM DAN STRATEGI ADAPTASI PETANI KOPI ARABIKA DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Syamratul Achwan, 2020)

PUSAT KOPI GAYO (Renggha Prima, 2015)

PENANGANAN PANEN DAN PASCA PANEN DAN KAITANNYA DENGAN KARAKTERISTIK PETANI KOPI ARABIKA DI KECAMATAN ATU LINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH (Irwan Hidayah, 2016)

DAMPAK PENURUNAN HARGA KOPI TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI KOPI ARABIKA DI KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH (HAIRANI FITRI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy