//

HUBUNGAN CONSIDERATION OF FUTURE CONSEQUENCES DENGAN PERILAKU PRO-LINGKUNGAN PADA DEWASA AWAL DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANNISA SHAVIRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perilaku pro-lingkungan merupakan perilaku yang meminimalisir kerusakan lingkungan dengan melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan. Perilaku pro-lingkungan dapat muncul salah satunya karena adanya consideration of future consequences pada individu, dimana individu akan memikirkan pertimbangan yang akan mengarahkannya untuk menampilkan perilaku yang ramah lingkungan serta menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan consideration of future consequences dengan perilaku pro-lingkungan pada dewasa awal di Banda Aceh. Sebanyak 350 subjek dengan rentang usia 18-40 tahun yang terdiri dari 126 laki-laki dan 224 perempuan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Consideration of Future Consequences-14 dan Pro-Environmental Behavior Scale. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara consideration of future consequences dengan perilaku pro-lingkungan pada dewasa awal di Banda Aceh, dengan nilai signifikansi (p)= 0,000 dan koefesien korelasi (r)= 0,629. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat consideration of future consequences maka akan semakin tinggi pula perilaku pro-lingkungan seseorang. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah tingkat consideration of future consequences seseorang maka akan semakin rendah pula perilaku pro-lingkungannya. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa konstribusi variabel consideration of future consequences hanya sebesar 39,5% terhadap perilaku pro-lingkungan. Kata Kunci: Consideration of Future Consequences, Perilaku Pro-lingkungan, Dewasa Awal, Banda Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN CONSIDERATION OF FUTURE CONSEQUENCES DAN PERILAKU AGGRESSIVE DRIVING PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DEWASA AWAL (Puteri Mentari Bengi, 2019)

PERBEDAAN CONSIDERATION OF FUTURE CONSEQUENCES PADA DEWASA AWAL DITINJAU DARI KONSUMSI ALKOHOL DI BANDA ACEH (Rahmi Muhammad, 2016)

PERBEDAAN CONSIDERATION OF FUTURE CONSEQUENCES PADA DEWASA AWAL YANG MEROKOK DAN TIDAK MEROKOK (Selviyana Pratisca, 2016)

PERBEDAAN CONSIDERATION OF FUTURE CONSEQUENCES PADA REMAJA AKHIR DITINJAU DARI PENGALAMAN MELAKUKAN HUBUNGAN SEKSUAL PRANIKAH (khairatun hisan, 2016)

HUBUNGAN ANTARA JENIS KELAMIN, STRES DAN PERILAKU MEROKOK PADA DEWASA AWAL DI BANDA ACEH (Hasmelia Novriana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy