//

PENGARUH PERBEDAAN JENIS UMPAN PADA ALAT TANGKAP PANCING ULUR TERHADAP JUMLAH HASIL TANGKAPAN GURITA DI PERAIRAN TEUPAH SELATAN KABUPATEN SIMELUE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAINAL ARIFIN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kabupaten Simeulue merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh. Kabupaten Simeulue memiliki 10 Kecamatan, salah satunya adalah Kecamatan Teupah Selatan yang merupakan daerah penghasil gurita. Gurita merupakan salah satu sumberdaya perikanan yang memiliki nilai ekonomis tinggi.Penangkapan gurita pada penelitian dilakukan dengan menggunakan umpan buatan. Umpan yang digunakan ialah umpan buatan yang terbuat dari cangkang kepiting dan bola plastik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan jenis umpan terhadap hasil tangkapan gurita di perairan Teupah Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2020 di periran Teupah Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experimental fishing. Analisis yang digunakan adalah analisis Two-Sample Assuming Unequal Variances. Hasil tangkapan berdasarkan jenis umpan, dari bahan cangkang kepiting sebanyak 321 ekor dan umpan dari bahan bola plastik sebanyak 234 ekor. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya pengaruh perbedaan jenis umpan terhadap hasil tangkapan gurita dengan nilai t-hitung = 2,206 dan t-tabel = 2,024 atau t-hitung > t-tabel. Kata kunci : Umpan buatan, pancing ulur, hasil tangkapan, gurita

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI ALAT PENANGKAPAN IKAN RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS CODE OF CONDUCT FOR RESPONSIBLE FISHERIES (CCRF) DI KABUPATEN PIDIE (Muhammad Ikram, 2019)

PERBEDAAN JUMLAH HASIL TANGKAPAN GURITA (OCTOPUS VULGARIS)MENGGUNAKAN TANGKUL BERBAHAN CANGKANG KEONG DAN SEMEN DI PERAIRAN BAGAN DELI SUMATERA UTARA (Nurul Windiastuti Zain, 2019)

PENGARUH PERBEDAAN JENIS UMPAN TERHADAP HASIL TANGKAPAN BUBU WAU DI DANAU LAUT TAWAR, KABUPATEN ACEH TENGAH (Linda Sari, 2021)

ANALISIS HASIL TANGKAPAN ALAT TANGKAP PANCING JORAN DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LAMBADA LHOK, BAITUSSALAM ACEH BESAR (Ita Purnama Sari, 2019)

IDENTIFIKASI PARASIT PADA GURITA (OCTOPUS SP) DI PERAIRAN LAMPUUK KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Heriyandi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy