PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PASTA GIGI HERBAL DENGAN PASTA GIGI NON HERBAL TERHADAP PENURUNAN SKOR PLAK (STUDI PADA SISWA-SISWI KELAS VII MTSN DI PONDOK PESANTREN ULUMUL QUR’AN BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PASTA GIGI HERBAL DENGAN PASTA GIGI NON HERBAL TERHADAP PENURUNAN SKOR PLAK (STUDI PADA SISWA-SISWI KELAS VII MTSN DI PONDOK PESANTREN ULUMUL QUR’AN BANDA ACEH)


Pengarang

mutia citra - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1007101070013

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran Gigi., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

617.6

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Nama : Mutia Citra
Fakultas : Kedokteran Gigi
Judul : Perbandingan Efektifitas Penggunaan Pasta Gigi Herbal dengan Pasta Gigi Non Herbal Terhadap Penurunan Skor Plak (Studi Pada Siswa-Siswi Kelas VII MTsN di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Banda Aceh)

Plak gigi adalah deposit lunak yang membentuk biofilm yang melekat di permukaan gigi. Plak merupakan penyebab utama karies gigi dan penyakit periodontal, sehingga untuk mencegahnya diperlukan adanya tindakan kontrol plak, salah satunya adalah menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi herbal. Pasta gigi herbal adalah pasta gigi yang mengandung tumbuh-tumbuhan yang dapat menekan pertumbuhan plak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan pasta gigi herbal dan non herbal terhadap penurunan skor plak. Penelitian ini menggunakan metode Quasi experimental dengan desain non randomized control group pretest-posttest. Plak diukur dengan menggunakan metode Turesky Modification of the Quigley Hein Index. Pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan subjek dibagi dalam tiga kelompok yaitu kelompok pasta gigi herbal, kelompok pasta gigi non herbal dan kelompok kontrol. Hasil analisis statistik uji kruskal wallis menghasilkan nilai p=0,16 (p>0,05). Kesimpulannya adalah pasta gigi non herbal tidak lebih efektif dari pada pasta gigi non herbal dalam penurunan skor plak.

Kata kunci : pasta gigi herbal, pasta gigi non herbal, skor plak

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK