//

PENGARUH PENGGUNAAN SERAT POLYPROPYLENE TERHADAP KUAT TARIK BELAH BETON MUTU ULTRA TINGGI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TIARA DAMAYANTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak Beton mutu ultra tinggi ialah beton dengan kekuatan tekan yang melampaui 90 MPa dan memiliki kepadatan matrik beton yang tinggi. Beton mampu memikul kuat tekan yang tinggi, tetapi memiliki sifat getas sehingga beton lemah dalam menahan kuat tarik. Penambahan serat pada adukan beton menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan nilai kuat tarik belah pada beton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan serat polypropylene dan variasi umur beton terhadap kuat tarik belah beton mutu ultra tinggi. Dalam penelitian ini, akan digunakan variasi serat polypropylene sebesar 0% dan 0,2% dari volume beton, penambahan 6% filler bijih besi, dan 1,5% superplasticizer dari berat semen serta substitusi 15% fly ash batu bara dari volume semen dengan FAS sebesar 0,2. Pengujian dilakukan pada umur beton 28 hari dan 56 hari. Benda uji untuk kuat tarik belah berupa silinder dengan diameter 15 cm dan tinggi 30 cm sebanyak 20 benda uji. Berdasarkan hasil penelitian, nilai kuat tarik belah beton dengan penambahan serat pada umur 28 hari yaitu sebesar 7,095 MPa dan 56 hari sebesar 8,045 MPa sedangkan untuk beton tanpa penambahan serat didapatkan nilai kuat tarik belah beton pada umur 28 hari sebesar 6,159 MPa dan pada umur 56 hari sebesar 7,020 MPa. Klasifikasi mutu pekerjaan dinilai baik dengan angka covarian 4,284 sampai 6,238. Perhitungan analisis varian menghasilkan F0 hitung > F0tabel yaitu F0 umur beton sebesar 26,688 > F0 Tabel yaitu sebesar 4,490 dan F0variasi serat sebesar 28,936 > F0 tabel 4,490 yang menunjukkan bahwa penambahan serat dan umur beton mempengaruhi kuat tarik belah beton mutu ultra tinggi. Kata Kunci: beton mutu ultra tinggi, serat polypropylene, kuat tarik belah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KUAT TARIK BELAH BETON MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN TANAH DIATOMAE SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN DENGAN PENAMBAHAN SERAT POLYPROPYLENE (MAFAZI RAMADHAN AL KHAIRI, 2021)

ANALISIS KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN FLY ASH BATU BARA SEBAGAI ADITIF DAN BIJIH BESI SEBAGAI FILLER YANG DITAMBAHKAN SERAT POLYPROPYLENE (Edi Mardiono, 2020)

STUDI KUAT TEKAN DAN KUAT LENTUR BETON MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN TANAH DIATOMAE SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN DENGAN TAMBAHAN SERAT POLYPROPYLENE (ZIKRI MAULANA, 2020)

STUDI KUAT TARIK BELAH BETON MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN TANAH DIATOMAE SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN DENGAN TAMBAHAN SERAT KACA (Abdan Syakura, 2021)

ANALISIS KUAT TARIK LENTUR BETON MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN FLY ASH BATUBARA SEBAGAI ADITIF DAN BIJIH BESI SEBAGAI FILLER YANG DITAMBAHKAN SERAT KAWAT BENDRAT (FARAH KHALDA HIDAYAT, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy