//

STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEREMPUAN KEPALA KELUARGA DI DESA PADANG BAK JEUMPA KECAMATAN TANGAN-TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lia Wanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Studi tentang perempuan akhir-akhir ini merupakan hal yang sering didiskusikan dalam berbagai forum baik lokal, regional, nasional dan global. Isu tentang perempuan menjadi topik yang hangat seiring dengan meningkatnya populasi perempuan dan juga status perempuan yang menjadi kepala keluarga. Strategi bertahan hidup perempuan kepala kelurga sebagian besar berkaitan dengan aspek ekonomi rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan dan dasar sebagai upaya untuk bertahan hidup. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui gambaran kondisi sosial ekonomi dan strategi bertahan hidup yang dilakukan oleh perempuan kepala keluarga di Desa Padang Bak Jeumpa, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya, Propinsi Aceh. Objek dari penelitian ini adalah dengan ruang lingkup penelitian terbatas pada mengidentifikasi karakteristik sosial ekonomi perempuan kepala keluarga dan strategi penghidupannya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai fokus utama. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam, wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kondisi ekonomi perempuan kepala keluarga di Desa Padang Bak Jeumpa dapat digambarkan dengan rendahnya pendidikan yang dimiliki, pengalaman yang kurang serta keterbatasan keterampilan dan tidak adanya lapangan kerja selain buruh tani yang dimiliki membuat perempuan kepala keluarga susah menghasilkan penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarga. Upaya yang dilakukan oleh perempuan kepala keluarga di Desa Padang Bak Jeumpa untuk bertahan hidup yaitu dengan melakukan tindakan sosial dan ekonomi yang menghasilkan strategi bertahan hidup yang digunakan oleh perempuan kepala keluarga di Desa Padang Bak Jeumpa yaitu strategi aktif, strategi pasif, strategi aktif dan pasif, strategi aktif dan jaringan, strategi pasif dan jaringan, strategi aktif, pasif dan jaringan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DIVERSIFIKASI PEKERJAAN KELUARGA NELAYAN SEBAGAI STRATEGI UNTUK KELANGSUNGAN HIDUP DI DESA PADANG PANJANG KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Khairul Uswakh, 2020)

NOTASI LABAN TARI HASYEM MEULANGKAH DI DESA KUTA MAKMUR KECAMATAN JEUMPA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (ZIYATUR RAHMI, 2021)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMP DAN MTS PADA KELAS X SMA NEGERI 1 TANGAN – TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Zulkifli, 2015)

KONTRJBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN BURUH TANI PISANG TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DIKECAMATAN PADANG TIJI KAB UPATEN PIDIE (Nadya Aiza Hikmah, 2020)

KONFLIK PERBATASAN DI KECAMATAN TANGAN-TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (STUDI KASUS ANTARA GAMPONG PADANG BAK JEUMPA, GAMPONG GUNONG CUT, DAN PADANG HARAPAN) (FELI YULIDA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy