//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (SUATU PENELITIAN KAJIAN LITERATUR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wulan Juliani Putri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salah satu tujuan dalam kegiatan ekstrakurikuler adalah mengembangkan bakat dan minat siswa menuju tercapainya prestasi yang baik. Minat siswa yang sebagian besar minim mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tidak bisa dilepaskan dari faktor dari diri siswa itu sendiri maupun lingkungannya. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur yaitu satu metode pengumpulan data yang digunakan dalam metodelogi penelitian perpustaakaan untuk menelusuri data historis, yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka berupa buku-buku atau jurnal-jurnal terkait dengan judul penelitian yang akan diteliti, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian terkait. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa faktor yang bersumber dari dalam diri siswa yang didorong oleh insting dalam diri untuk memenuhi keinginan siswa seperti keinginan siswa memperoleh prestasi yang baik dalam berbagai bidang seperti olehraga, kesenian dan pengetahuan dibidang mata pelajaran. Dorongan dalam diri ini juga dikarenakan adanya rasa senang dan rasa gembira terhadap kegiatan yang diikutinya pada ekstrakurikuler. Faktor yang berumber dari luar diri siswa, yang dipengaruhi oleh tujuan dan manfaat dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler itu sendiri bagi siswa, keseriusan dalam pelaksaan ekstrakurikuler yang didukung oleh fasilitas yang cukup serta keuntungan yang akan diperoleh siswa setelah sukses dalam kegiatan ekstrakurikuler. Faktor luar diri siswa ini juga dipengaruhi lingkungan seperti kuatnya dukungan dan dorongan dari pihak orang tua siswa, guru dan teman bermain. Kesimpulan penelitian ini ialah faktor yang mempengaruhi minat siswa mengikuti ekstrakurikuler di sekolah dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor dari dalam diri siswa dan faktor dari luar diri siswa itu sendiri

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADUAN SUARA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH (Mohammad Rizki Dwisaputra, 2015)

PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Novita Sari, 2013)

MINAT SISWA MAN MODEL BANDA ACEH DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI TAHUN 2019 (MURSALYN, 2019)

MINAT SISWA MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PADA SMA NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN 2017 (Zainal Abidin, 2018)

PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DI SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR (SUCI ASTAFRINA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy