PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII


Pengarang

Syarifah Syifa - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606103020049

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pelaksanaan pembelajaran mewajibkan guru menyusun perangkat yang sistematis dan lengkap agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Penerapan pendektan CTL dapat mendekatkan proses pembelajaran dengan masalah dikehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat menumbuh kembangkan kemampuan pemecahan masalahnya. Namun perangkat dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yg sesuai dengan Permendikbud no 14 tahun 2019 belum tersedia, sehingga diperlukan upaya dalam membantu guru untuk menyediakan perangkat pembelajaran sebagai contoh untuk mengembangkan perangkat pada materi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM) dengan pendekatan CTL pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) untuk SMP kelas VIII sesuai dengan Kurikulum 2013. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi RPP, LKPD, dan TKPM. Sumber data penelitian ini yaitu validator yang memiliki keahlian berkenaan dengan pengembangan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian ini yaitu diperolehnya perangkat pembelajaran dengan pendekatan CTL untuk menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematika yang valid. Secara keseluruhan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi semua aspek yang diukur pada validitas isi dan konstruk setelah melalui beberapa kali diskusi dengan validator dan melakukan perbaikan. Hingga pada akhirnya perangkat pembelajaran dengan pendekatan CTL untuk materi BRSD dinyatakan relevan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika kemudian layak dan valid untuk diujicobakan.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan kemampuan pemecahan masalah

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK