//

PENGARUH KETEBALAN TUMPUKAN KELAPA KUKUR DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KUALITAS PLIEK U

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FITRIA RAHMA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pengolahan daging buah kelapa dalam proses pembuatan pliek u menghasilkan tiga produk turunan yaitu minyak simplah, minyak pliek dan pliek u. Pliek u merupakan salah satu bubuk khas dari hasil olahan kelapa yang berasal dari provinsi Aceh dan merupakan produk warisan yang telah digunakan secara turun temurun. Selama ini masyarakat mengolah pliek u berdasarkan kebiasaan lama tanpa adanya acuan baku mengenai tata cara fermentasi kelapa, sehingga pliek u yang dihasilkan memiliki kualitas yang tidak seragam. Melalui penelitian ini diharapkan masyarakat mampu mengolah pliek u dengan benar dan mampu menghasilkan pliek u dengan kualitas yang bagus, sehingga dapat meningkatkan nilai jual pliek u dan perekonomian bagi petani kelapa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ketebalan tumpukan kelapa kukur dan lama fermentasi terhadap kualitas pliek u. Alat yang digunakan pada penelitian ini adalah alat kukur, ember, meteran, timbangan digital, humidity meter, termometer, benchtop pH meter, alat pres tipe hidrolik dan alat pengering. Bahan yang digunakan adalah daging buah kelapa yang telah dikukur. Kelapa yang telah dikukur ditimbang kemudian dimasukkan kedalam wadah plastik berbentuk tabung dengan ketinggian 31 cm dan diameter 21 cm. Selanjutnya dilakukan proses fermentasi dengan kombinasi perlakuan tebal tumpukan dan lama fermentasi didalam wadah yang ditutup dengan kain berwarna hitam. Variasi tebal tumpukan fermentasi 10 cm (K1), 20 cm (K2) dan 30 cm (K3) dengan variasi fermentasi 3 hari (F1), 7 hari (F2) dan 10 hari (F3). Pengukuran parameter dari pliek u meliputi rendemen, kadar air serta pH menggunakan teknik analisa data Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dan uji organoleptik (warna, aroma dan rasa ) dengan menerapkan salah satu metode dari teknik pengambilan keputusan yaitu Metode Perbandingan Eksponensial (MPE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis sidik ragam didapat faktor ketebalan tumpukan tidak berpengaruh nyata terhadap temperatur dan kadar air, sedangkan pada rendemen pliek u dan pH berpengaruh nyata. Faktor lama fermentasi berpengaruh nyata terhadap temperatur, rendemen, kadar air dan pH. Berdasarkan penilaian menggunakan MPE dari hasil uji organoleptik didapati bahwa pliek u dengan ketebalan 30 cm dan lama fermentasi 7 hari (K3F2) merupakan hasil yang paling tinggi tingkat penerimaan yakni sebesar 4,567. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat direkomendasikan bahwa produk pliek u yang terbaik untuk diproduksi adalah pada ketebalan 30 cm dengan lama fermentasi 7 hari (K3F2).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KETEBALAN TUMPUKAN KELAPA KUKUR DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KUALITAS PLIEK U (FITRIA RAHMA, 2020)

KAJIAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KUALITAS PLIEK U (Faisal Basyir, 2017)

KAJIAN VARIASI KETEBALAN TUMPUKAN FERMENTASI TERHADAP KUALITAS PLIEK U DAN MINYAK PLIEK YANG DIKERINGKAN DENGAN ALAT PENGERING TIPE HOHENHEIM (Muhammad Al-Hasani, 2017)

PENGARUH KETEBALAN TUMPUKAN KELAPA KUKUR PADA PROSES FERMENTASI TERHADAP KUALITAS MINYAK SIMPLAH (Fajriansyah, 2017)

ANALISIS SENSORI PLIEK U MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (SHAFIRA PRADYTA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy