//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI PELUANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURAIDA FITRI LUBIS - Personal Name

Abstrak/Catatan

Berdasarkan wawancara dengan salah satu guru SMP yang telah dilakukan, kemampuan pemecahan masalah siswa sangat rendah, karena seringnya pembelajaran dilaksanakan berpusat pada guru dan tidak menempatkan pengalaman siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak mandiri dalam membangun kemampuan pemecahan masalah. Pendekatan Contextual Teaching Learning merupakan pendekatan yang sesuai dengan pengalaman siswa pengetahuan siswa secara mandiri dan tidak sepenuhnya dari guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas pengembangan perangkat pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII pada materi peluang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp yang hanya terdiri dari dua tahap, yaitu fase investigasi awal, fase perancangan. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMP kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi RPP, lembar validasi LKPD, dan lembar validasi tes. Penelitian ini diawali dengan menganalisis kebutuhan kemudian merancang perangkat pembelajaran dan terakhir divalidasi oleh validator sesuai dengan bidangnya. Hasil yang diperoleh dari validasi akan diuji validasi untuk menentukan kriteria kevalidannya. Rekapitulasi hasil validasi RPP untuk seluruh pertemuan adalah 4,04, LKPD pada seluruh pertemuan adalah 4,04, dan lembar tes yaitu 4,21. Sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan hanya membutuhkan revisi sedikit. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, pendekatan CTL, kemampuan pemecahan masalah 

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII (Syarifah Syifa, 2020)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 RANTO PEUREULAK (Safaruddin, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN PETA KONSEP (Mauliana, 2018)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (IIN ZIKRA MAULIDA, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA KELAS X DALAM MATERI SENI RUPA TERAPAN DAERAH NUSANTARA (Renggalita Rezeki, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy