//

PENERAPAN MODEL LEARNING TOGETHER (LT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK MOLEKUL DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reza Resita Vonna - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Learning together, bentuk molekul, hasil belajar, aktivitas. Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Learning Together (LT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Bentuk Molekul di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya”. tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hasil belajar peserta didik, mendeskripsikan aktivitas peserta didik serta mendeskripsikan tanggapan peserta didik setelah penerapan model learning together pada materi bentuk molekul di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya, sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIA-2 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas peserta didik, tes hasil belajar serta pengisian angket tanggapan peserta didik. Istrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar dan lembar angket tanggapan peserta didik. Hasil persentase aktivitas peserta didik dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga berturut-turut yaitu sebesar 71%, 84% dan 85%, sehingga observasi aktivitas peserta didik dikatakan meningkat secara signifikan. Persentase hasil belajar pada pertemuan pertama sampai ketiga yaitu 67,50%, 77,50% dan 87,50%, mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan secara klasikal yang terlihat dari persentase. Tanggapan peserta didik terhadap penerapan model learning together pada materi bentuk molekul menunjukkan tanggapan yang positif dengan persentase sebesar 94,07%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan aktivitas peserta didik melalui penerapan model learning together mengalami peningkatan secara signifikan dan telah tuntas secara klasikal, serta tanggapan peserta didik yang diberikan juga positif. yang berarti bahwa peserta didik antusias dalam mengituki pembelajaran menggunakan model learning together.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL AUDITORY-INTELLECTUALLY-REPETITION PADA MATERI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS X SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (MAYA PARAMITHA MIRDA, 2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REACT PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REACT PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (Dina Sari, 2019)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI, PIDIE (TIA ZULIANI, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Silvia Wulandari, 2018)

PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMAN 9 BANDA ACEH (DWI MIFTAKHUL JANNAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy