//

GAMBARAN SIKAP KELUARGA TENTANG PENYALAHGUNAANRNNARKOTIKA PSIKOTROPIKA DAN ZAT ADIKTIF (NAPZA) PADARNREMAJA DI DESA LAMGAPANG KECAMATAN KRUENG BARONARNJAYA KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Fadhil - Personal Name
SubjectNARCOTICS ABUSE-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penyalahgunaan NAPZA mulai meningkat dan meluas khususnya di kalangan remaja. Di Indonesia pengguna NAPZA meningkat pada tahun 2011 mencapai 5.087 jiwa khususnya pada tingkat pelajar. Sedangkan di Aceh sendiri pemakai narkoba yang menjalani rehabilitasi meningkat setiap tahunnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap keluarga dalam melakukan pencegahan NAPZA pada remaja di Desa Lamgapang Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Populasi pada penelitian ini yaitu keluarga yang mempunyai anak remaja dengan jumlah sampel sebanyak 70 responden dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara terpimpin. Tempat dan waktu penelitian dilakukan di Desa Lamgapang Aceh Besar pada tanggal 22 – 28 Mei 2014. Hasil analisa univariat menunjukkan sebagian besar sikap responden ditinjau dari komponen kognitif berada pada kategori baik yaitu 43 orang (61%), sikap ditinjau dari komponen afektif berada pada kategori baik yaitu 39 orang (56%), sikap keluarga ditinjau dari komponen konatif berada pada kategori baik yaitu 35 orang (50%) dan kategori kurang baik 35 orang (50%). Secara umum dapat disimpulkan bahwa sikap keluarga dalam pencegahan NAPZA pada remaja di Desa Lamgapang Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar berada pada kategori baik. Diharapkan bagi puskesmas dapat menjadi bahan masukan dalam memberi penyuluhan kepada keluarga tentang NAPZA agar dapat meningkatkan prilaku pencegahan NAPZA.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG RESIKO PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA,ALKOHOL,PSIKOTROPIKA DAN ZAT ADIKTIF LAINNYA (NAPZA) PADA REMAJA DI KELURAHAN BEURAWE KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH T AHUN 2008 (Cut Rahmy, 2021)

PERKEMBANGAN USAHA BUBUK KOPI MEREK ULEE KARENG DI DESA LAMGAPANG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR, 1960-2015 (Dewi Mentari, 2017)

PEREMPUAN DALAM TRADISI MEURUKON DI GAMPONG LAMGAPANG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR (WINAHYU HABSARI, 2021)

KARAKTERISTIK PENYALAHGUNA NAPZA DI INSTALASI REHABILITASI NAPZA RUMAH SAKIT JIWA PEMERINTAH ACEH PERIODE SEPTEMBER 2010 - SEPTEMBER 2011 (Dini Darayani Husni Putri, 2015)

GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT FILARIASIS DI DESA BLANG KRUENG KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Julia Novita Astri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy