//

SUBSTITUSI PARSIAL KENTANG DENGAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) PADA PEMBUATAN STICK KENTANG IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMATILLAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmatillah, 2020. “Substitusi Parsial Kentang dengan Ikan Bandeng (Chanos chanos) Pada Pembuatan Stick Kentang Ikan Bandeng (Chanos chanos)”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (Tata Boga), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Laili Suhairi, S. Pd, M.Si (2) Dra. Nurul Faudiah, M.Pd Kata Kunci: Substitusi Parsial, Kentang, Ikan Bandeng, Stick Ikan bandeng dapat hidup di air tawar dan air laut sehingga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai bahan baku untuk produk olahan yang lebih bervariasi salah satunya makanan ringan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui standarisasi resep, (2) karakteristik organoleptik, (3) daya terima konsumen (4) mutu simpan terhadap stick kentang ikan bandeng. Menggunakan metode eksperimen dengan desain rancangan acak lengkap (RAL), yaitu 3 kali perlakuan dengan 3 kali pengulangan. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui uji pengamatan (Sensory Evaluation) oleh 6 orang narasumber dan di uji pengamatan (Hedonic Scale) oleh 30 orang panelis konsumen. Data uji pengamatan dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata yang diperoleh dari narasumber, sedangkan data uji penerimaan menggunakan analisis varian (anava) satu jalur yang di peroleh dari panelis konsumen. Hasil penelitian uji pengamatan narasumber menyukai stick kentang dengan penambahan ikan bandeng 150 g dengan nilai 23,70 pada perlakuan kedua (R2) ditinjau dari aroma khas ikan bandeng, tekstur yang renyah, dan rasa yang gurih, sedangkan warna narasumber menyukai perlakuan (R0) dan (R1) yaitu warna kuning keemasan. Hasil penelitian uji penerimaan oleh panelis konsumen yang disukai adalah stick kentang dengan penambahan ikan bandeng 150 g dengan nilai 4,12 pada perlakuan (R2) ditinjau dari warna kuning keemasan, aroma khas ikan bandeng, dan rasa yang gurih, sedangkan tekstur konsumen menyukai perlakuan (R1) yaitu tekstur yang renyah. Masa simpan stick kentang ikan bandeng adalah selama 29 hari. Hipotesis penelitian ini diterima (H1) karena terdapat pengaruh pada warna, aroma, tekstur, dan rasa. Kesimpulan nilai rata-rata tertinggi pada penelitian uji pengamatan dan uji penerimaan terhadap warna, aroma, tekstur, dan rasa adalah perlakuan tiga (R2). Saran penelitian ini dapat dilanjutkan untuk melihat kandungan gizi dari stick kentang ikan bandeng.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (Musaddaq, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL ULVA LACTUCA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (HALIMAH ADI NINGSIH, 2019)

UJI SELEKTIVITAS PISISSIDA EKSTRAK METANOL DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP MORTALITAS IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) DAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (IKHLASUL AMAL, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN GAMAL(GLIRICIDIA SEPIUM) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (Taufiqul Rusydisyah, 2015)

EFEKTIFITAS PEMBERIAN EKSTRAK RIMPANG LENGKUAS (ALPINIA GALANGA LINN) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (EDI MUSLIADI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy