//

UPAYA PENANGGULANGAN TINGGINYA ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZULFIKAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pasal 310 ayat (3) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan, menyebutkan,” Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban luka berat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (4), dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/ataudenda paling banyak Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah). Namun di wilayah Kota Banda Aceh masih banyak terjadi kecelakaan lalu lintas yang sebabkan oleh kelalaian pengendara bermotor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan, menjelaskan penyebab tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Kota Banda Aceh, hambatan dalam penanggulangan kecelakaan lalu lintas dan upaya penanggulangan terhadap kecelakaan lalu lintas Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian yuridis empiris dengan menggunakan data primer berupa data lapangan dan data sekunder berupa data kepustakaan. Data yang telah diperoleh di dapatkan dengan cara mewawancarai responden dan informan, yang telah dipilih sebelumnya. Selanjutnya di analisis dan di dituang ke dalam karya tulisan berbentuk skripsi hukum. Berdasarkan hasil penelitian, adapun faktor penyebab terjadinya tindak pidana kecelakaan lalu lintas adalah karena kurang berkonsentrasi saat berkendara, Kondisi kendaraan yang buruk, Berkendara dengan kecepatan tinggi, Melanggar rambu lalu lintas dan tidak memperhatikan keadaan sekitar saat berkendara. Hambatan yang di hadapi dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana lalu lintas, datang dari faktor masyarakat, yang sudah menjadikan pelanggaran sebagai suatu kebiasaan. Upaya Penanggulangan Terhadap Tindak Pidana Kecelakaan Lalu Lintas, terdiri dari sosialisasi ke sekolah-sekolah dan melakukan razia rutin. Disarankan kepada satuan lalu lintas Aceh untuk lebih menertibkan pengendara yang melewati batas kecepatan yang telah ditentukan, mengingat kurangnya kebijakan terhadap batas berkendara di kawasan Kota Banda Aceh. disarankan masyarakat khususnya pengendara bermotor mematuhi peraturan rambu lalu lintas agar meminimalisir terjadinya kecelakaan, yang pada akhirnya juga merugikan dan membahayakan diri sendiri.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENANGANAN TINDAK PIDANA TABRAK LARI DALAM KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN MENINGGAL DUNIA DI TINGKAT PENYIDIKAN (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR PIDIE) (DEVY ALYA PRATAMA, 2019)

STRATEGI KOMUNIKASI SAFETY RIDING POLISI LALU LINTAS DALAM MENGURANGI ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA BANDA ACEH (Haviz, 2017)

TINDAK PIDANA BERBALAPAN DI JALAN OLEH ANAK DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR KOTA LANGSA) (OKTANANDA PERMANA, 2018)

TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR PIDIE) (MUHAMMAD RIFKI, 2019)

PEMENUHAN HAK KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS BERDASARKAN PASAL 240 UNDANG-UNDANG NO.22 TAHUN 2009 TENTANG LALULINTAS DANANGKUTAN JALAN (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH) (Ardikna Pelani. Pa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy