//

ANALISIS PERBEDAAN PEMBIAYAAN BERBASIS TARIF INA-CBG’S DENGAN TARIF RIIL RUMAH SAKIT PADA PASIEN HEMOFILIA DI RSUD ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sari Haslinur - Personal Name

Abstrak/Catatan

INA CBGs (Indonesia Case Based Groups) adalah sistem paket pembiayaan kesehatan dari pemerintah perkasus dan pelayanan rumah sakit. Sedangkan Tarif riil merupakan biaya sebenar yang dikeluarkan rumah sakit berdasarkan jasa pelayanan yang dipakai sesuai peraturan daerah. Selama ini terdapat perbedaan pada pembiayaan tarif INA CBGs dengan tarif riil rumah sakit. Hemofilia merupakan penyakit berbiaya tinggi yang dibayarkan oleh INA CBGs sehinga tidak keseluruhan biaya dapat di tutupi oleh INA CBGs. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan tarif INA CBGs dan tarif riil rumah sakit pada kasus hemofilia di RSUDZA Banda Aceh. Metode : Penelitian ini menggunakan mix method yaitu kuantitatif analitik dan kualitatif dengan deep interview. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data sekunder dari kunjungan pasien hemofilia di RSUDZA bulan Januari-Desember 2019 dan wawancara mendalam dengan DPJP Anak dan Penyakit Dalam serta Kepala Asuransi Kesehatan RSUDZA. Populasi penelitian adalah seluruh pasien hemofilia di RSUDZA tahun 2019 dengan jumlah sampel 100 orang menggunakan metode purpousive random sample. Hasil : terdapat perbedaan signifikan antara tarif INA CBs dan tarif riil rumah sakit pada pasien hemofilia di RSUDZA Banda Aceh dengan nilai p-value 0,000. Selisih tarif INA CBGs dan rumah sakit adalah Rp.--580.937.341atau -25%. Clinical pathway sudah berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan akan tetapi standar rumah sakit tinggi melebihi biaya yang ditawarkan BPJS. Kesimpulan : Perbedaan tarif INA CBGs dan tarif riil rumah sakit menyebabkan rumah sakit mengalami kerugian akan tetapi rumah sakit perlu meninjau kembali penghitungan biaya pelayanan yang lebih efisien untuk meningkatkan mutu pelayanan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN TARIF RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT TERHADAP TARIF JAMINAN KESEHATAN ACEH (JKA) DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 2011 (Teuku Muhammad Khaled, 2016)

PENERAPAN METODE ACTIVITY-BASED COSTING DALAM PENETAPAN TARIF JASA RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT CUT MEUTIA LANGSA (Fina Maghfira Waleny, 2016)

PERKEMBANGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 1979-2016 (Fitriana Dewinta, 2017)

HUBUNGAN GAMBARAN KLINIS DENGAN RADIOGRAFI TORAKS PADA PASIEN YANG TERKONFIRMASI AWAL COVID-19 DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (JIHAN ALMIRA, 2021)

KETERBUKAAN INFORMASI PELAYANAN MEDIS PADA RUMAH SAKIT UMUM ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH (RACHMAD QARIMUDA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy