//

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DIABETESI DENGAN UPAYA MELAKUKAN SENAM KAKI DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Iqbal - Personal Name
SubjectDIABETES MILLETUS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Diabetes melitus merupakan penyakit kronik yang dapat menimbulkan komplikasi makrovaskuler yang dapat menyebabkan insufiensi aliran darah ke tungkai, sehingga mempermudah terjadinya infeksi, ulkus, dan kaki diabetik. Kondisi ini dapat berlanjut sehingga mengakibatkan kaki diamputasi. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kaki diabetik adalah dengan melakukan senam kaki. Pengetahuan dan sikap sangat menentukan bagi seseorang untuk melakukan suatu tindakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap diabetesi terhadap melakukan senam kaki. Penelitian ini bersifat deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study pada 66 orang sampel. Analisa data menggunakan uji Chi Square dengan tabel kontigensi 2x2 pada tingkat kemaknaan (α) = 5 % dan derajat kebebasan (df)=1. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan diabetesi dengan senam kaki (p-value = 0,000) dan hubungan sikap diabetesi dengan upaya melakukan senam kaki (p-value = 0,001). Diharapkan kepada perawat di Poliklinik Endokrin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin agar dapat meningkatkan dan mempertahankan kualitas penyuluhan senam kaki yang selama ini di lakukan di Poliklinik Endokrin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERAWATAN KAKIRNPADA PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK RNENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SRI MAWAR, 2015)

GAMBARAN MOTIVASI PASIEN DIABETES MELLITUS TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN GANGREN RNDENGAN PERAWATAN KAKI DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (DARA ANJALITA, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEMAMPUAN RNMELAKUKAN ACTIVITY DAILY LIVING PADA PASIEN POST RNSTROKE DI POLIKLINIK SARAF BLUD RUMAH SAKIT RNUMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH TAHUN 2013 (FERI FERDIAN KAMATARA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy