//

PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA TOPIK KIMIA ORGANIK DASAR UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN MAHASISWA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TEUKU ALDIANSYAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kimia organik merupakan materi yang berkaitan langsung dengan lingkungan. Hampir semua senyawa kimia organik berpotensi menjadi pencemar lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran pembelajaran blended learning dan tanggapan mahasiswa terhadap blended learning untuk meningkatkan kesadaran lingkungan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Pada penelitian ini diterapkan teknik total sampel dengan sampel berjumlah 80 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah semester II tahun ajaran 2019/2020 yang sedang mengambil matakuliah Kimia Dasar II. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kesadaran lingkungan, análisis kebutuhan, dan tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran blended learning. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah (1) Kondisi awal kesadaran lingkungan mahasiswa berturut-turut berdasarkan aspek pengetahuan, sikap, dan perilaku yaitu 23%, 53,3%, 52,1%. Sedangkan setelah menerapkan pembelajaran blended learning berturut-turut berdasarkan aspek pengetahuan, sikap, perilaku yaitu 21,2%, 58,8%, 57,2; (2) Tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran blended learning memperoleh persentase sebanyak 87,8%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan (1) Peran pembelajaran blended learning tergolong cukup baik berdasarkan aspek pengetahuan, sikap dan perilaku; (2) Tanggapan mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran blended learning pada topik kimia organik dasar tergolong sangat baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MATA KULIAH KIMIA DASAR II TAHUN AJARAN 2018/2019 (Zulhera Aprilia, 2020)

PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH (RIZQA AFDHILA, 2017)

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANBLENDED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DI SMA NEGERI 2 MEULABOH (Rifa Astrinaya, 2020)

PENGEMBANGAN MEDIA BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS (Juanda BJ, 2019)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (muthmainnah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy