PENGARUH GENOTIPE KAKAO DAN KOMBINASI KONSENTRASI 2,4 D DAN KINETIN TERHADAP PERTUMBUHAN RNEMBRIO SOMATIK | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH GENOTIPE KAKAO DAN KOMBINASI KONSENTRASI 2,4 D DAN KINETIN TERHADAP PERTUMBUHAN RNEMBRIO SOMATIK


Pengarang

Rahmi Fajri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0905101050086

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agroteknologi (S1) / PDDIKTI : 54211

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

633.74

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari genotipe kakao dan kombinasi konsentrasi 2,4 D dan kinetin terhadap pertumbuhan embrio somatik serta interaksi diantara keduannya. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kultur Jaringan Fakultas Pertanaian Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, yang dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan September 2013. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola Faktorial, faktor pertama adalah 2 genotipe kakao terdiri atas bunga kakao yang memiliki kulit buah berwarna merah dan bunga kakao yang memiliki kulit buah berwarna hijau. Faktor kedua 6 kombinasi konsentrasi zat pengatur tumbuh 2,4-D dan kinetin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa genotipe asal bunga kakao berwarna merah sangat baik dalam merespon pembentukan kalus, pembentukan embrio somatik, dan memiliki jumlah embrio somatik lebih banyak. Kombinasi ZPT pada media SCG terbaik dalam merespon pembentukan embrio somatik eksplan bunga kakao berwarna merah adalah dengan konsentrasi 3 mg/L 2,4 D 1 mg/L kinetin sedangkan untuk eksplan bunga kakao berwarna hijau adalah 1 mg/L 2,4 D tanpa kinetin.

Kata Kunci: Kakao, Embrio Somatik, 2,4 D, Kinetin

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK