//

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS TINGGI SD NEGERI LAMTHEUN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAISAL ALAM - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Alam, Faisal 2020. Penerapan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Tinggi SD Negeri Lamtheun Aceh Besar, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Univesitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Fauzi, M.Pd., (2) Dra. Rosma Elly, M.Pd., Kata Kunci: penerapan pendekatan saintifik, mata pelajaran matematika Awal penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran matematika disatukan di dalam buku tematik terpadu tapi dengan adanya Permendikbud no.24 tahun 2016 yang mengeluarkan matematika dari buku tematik pada Sekolah Dasar (SD) khususnya di kelas-kelas tinggi yaitu kelas IV,V dan VI. Keputusan pemisahan mata pelajaran matematika dengan berbagai alasan, diantaranya adalah muatan materi dan pembahasan pada buku tematik yang dirasa masih terlalu dangkal. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran matematika di kelas tinggi dan kendala apa saja yang dialami gugu didalam penerapannya. Penelitian ini di ada di SD Negeri Lamtheun Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV, V, dan VI, dengan jumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung/wawancara dan wawancara mengenai kendala guru dalam penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran matematika di kelasnya. Berdasarkan hasil analisis data, guru menerapkan pendekatan saintifik pada mata pelajaran matematika di kelas tinggi secara utuh, dan menjalankan dengan baik. Hal ini ditunjukan dari hasil observasi dan wawancara. Sedangkan kendala guru hanya dari kurangnya media pembelajaran yang ada di sekolah. Jadi guru harus menyesuaikan kembali RPP nya dengan media yang tersedia atau yang bisa dibuatnya. Secara keseluruhan guru sudah baik dalam menerapkan pendekatan saintifik, hanya harus ada tindak lanjut penambahan media pembelajaran dari sekolah. Oleh karena itu guru dan sekolah harus bekerja sama dengan baik agar tujuan pembelajaran menjadi lebih baik dan tercapai

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH. (Cut Dara Alissha, 2018)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERISTATISTIKADI KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Rifka Nadia, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SEUNAGAN TAHUN AJARAN 2015/2016 (Noviliya Roza, 2016)

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI MENGGAMBAR TEKNIK GRAFITO DI KELAS IV SD NEGERI LAMTHEUN ACEH BESAR (RIFANDI PERDANA, 2020)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TEMA HIDUP RUKUN SUBTEMA HIDUP RUKUN DI SEKOLAH KELAS II SD NEGERI 1 JEUMPET ACEH BESAR (Eva eliza, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy