//

PERAN PARTAI GERAKAN INDONESIA RAYA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN POLITIK BAGI MASYARAKAT DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang eri saputra - Personal Name
SubjectPOLITICAL PARTIES
POLITICS - EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Pendidikan politik masyarakat berkaitan erat dengan suksesnya proses demokrasi. Sementara instrument penting dalam demokrasi adalah partai politik. Pendidikan politik harus dipandang sebagai bagian dari hak asasi warga negara yang harus terpenuhi dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini harus menjadi tugas dan tanggung jawab dari partai politik, karena keberadaan partai politik tanpa pendidikan politik menyebabkan proses demokrasi akan berjalan di tempat. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan sejauh mana peran partai Gerindra dalam melaksanakan pendidikan politik. Selain itu juga untuk mengetahui fokus partai Gerindra dalam memberikan pendidikan politik. Juga untuk menganalisis dan menjelaskan faktor pendorong dan penghambat partai Gerindra dalam memberikan pendidikan politik bagi masyarakat di Kota Banda Aceh. Penelitian ini melakukan pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara langsung dengan beberapa orang warga masyarakat di kota Banda Aceh. Hal ini bertujuan untuk membuat gambaran secara sistematis terkait pendidikan politik bagi masyarakat di kota Banda Aceh Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peran partai Gerindra dalam memberikan pendidikan politik hanya sebatas anggota/kader partai. Pemahaman kepada masyarakat hanya berjalan pada saat pemilu saja. Terkait faktor pendorong, pemberian pendidikan politik terdiri dari beberapa elemen, diantaranya suasana politik, semangat demokratis dan kemauan dari internal partai untuk tetap melaksanakan proses pendidikan politik. Selain itu juga diuraikan faktor penghambat, diantaranya seperti kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan politik Pada bagian akhir, penelitian ini mengharapkan partai Gerindra lebih memperbanyak diskusi, pelatihan dan sosialisasi pendidikan politik, karena cara ini dianggap lebih mudah dan cepat di fahami oleh masyarakat. Kata kunci : pendidikan politik masyarakat, demokrasi, partai Gerindra

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA KOMUNIKASI POLITIK ILLIZA SA'ADUDDIN DJAMAL MENJELANG PILKADA SERENTAK ACEH TAHUN 2017 (PENELITIAN TERHADAP DUKUNGAN DARI PARTAI POLITIK) (Nina Maulidia Rizka, 2018)

PERANAN PARTAI ACEH DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN POLITIK BAGI MASYARAKAT DI KOTA BANDA ACEH (Sri Rahmayanti, 2020)

PELAKSANAAN FUNGSI PARTAI POLITIK LOKAL DAN PARTAI POLITIK NASIONAL DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI DI DESA TANJUNG SELAMAT DAN DESA BARABUNG) (Walid Nasrullah, 2015)

PERAN PARTAI POLITIK DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN POLITIK BAGI MASYARAKAT BERBASIS GAMPONG (STUDI GAMPONG SITI AMBIA KECAMATAN SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL) (Ibrahim, 2020)

KEKALAHAN MUZAKIR MANAF-TA KHALID DALAM PILKADA SERENTAK 2017: ANALISIS EFEKTIVITAS PARTAI ACEH DALAM MENDULANG SUARA DI PILKADA (Khairul Imam, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy