//

PENERAPAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MATA KULIAH KIMIA DASAR II TAHUN AJARAN 2018/2019

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulhera Aprilia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia pada Materi Laju Reaksi dalam Mata Kuliah Kimia Dasar II Tahun Ajaran 2018/2019”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengamati aktivitas, hasil belajar dan mendeskripsikan tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran blended learning pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa kelas 02 yang mengambil mata kuliah Kimia Dasar II tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalahr soal tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas mahasiswa dan lembar angket tanggapan mahasiswa. Hasil observasi aktivitas mahasiswa berkategori sangat baik, hasil belajar termasuk kategori baik dengan skor nilai 73,7. Penerapan blended learning memperoleh tanggapan positif dari mahasiswa sebesar 71,7% dan tanggapan negatif sebesar 28,3%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan blended learning pada materi laju reaksi berdampak positif terhadap aktivitas dan hasil belajar serta mendapat tanggapan baik yang diberikan oleh mahasiswa. Kata Kunci: Blended Learning, laju reaksi, hasil belajar, aktivitas mahasiswa, tanggapan mahasiswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA TOPIK KIMIA ORGANIK DASAR UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN MAHASISWA (TEUKU ALDIANSYAH, 2020)

HUBUNGAN AFIKASI DIRI (SELF-EFFICACY) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP NILAI MATA KULIAH KIMIA FISIK I RNPADA MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA TAHUN MASUK 2011 RNFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA (Siti Rahmah, 2014)

PENGARUH NILAI MATA KULIAH DASAR KEPENDIDIKAN (MKDK) DAN MATA KULIAH PROSES BELAJAR MENGAJAR (MKPBM) TERHADAP NILAI PPL MAHASISWA PKK SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2006/2007 (Hurul Aini, 2021)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (muthmainnah, 2015)

ANALISIS MATERI YANG SULIT PADA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016 (Hud Malia Wati Putri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy