EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) DIPADU PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) DIPADU PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Pengarang

Risa Rianda - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1806203010001

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S2) / PDDIKTI : 84105

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Risa Rianda : Efektivitas Penggunaan Modul Berbasis Science, Environment,
Technology and Society (SETS) Dipadu Problem Based Learning
(PBL) pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Meningkatkan
Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.
Pembimbing I Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Muhibbuddin, M.S.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan modul berbasis
SETS dipadu dengan PBL pada materi sistem ekskresi manusia dalam
meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Penelitian dilaksanakan pada bulan januari sampai februari 2020 di SMAN 5
Banda Aceh dan SMAN 8 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah eksperimen dengan desain pretest-postest kontrol grup. Subjek
penelitian adalah 128 peserta didik yang dibagi dalam kelompok kelas kontrol dan
eksperimen, masing-masing 64 peserta didik. Kelompok kelas eksperimen
menggunakan modul berbasis SETS dengan model PBL sedangkan kelas kontrol
menggunakan buku paket dan model konvensional. Instrumen yang digunakan
dalam pengumpulan data penelitian yaitu perangkat tes untuk mengukur hasil
belajar dan keterampilan berpikir kritis. Pengumpulan data dilakukan melalui
pretest dan postest. Peningkatan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis
dianalisis menggunakan statistik parametrik yaitu uji beda dua rata-rata skor
normalisasi gain (N-gain) dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil
penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran dengan modul berbasis SETS
dipadu PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir
kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia.
Kata Kunci: Modul SETS, Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK