//

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) DIPADU PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Risa Rianda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Risa Rianda : Efektivitas Penggunaan Modul Berbasis Science, Environment, Technology and Society (SETS) Dipadu Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Pembimbing I Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Muhibbuddin, M.S. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan modul berbasis SETS dipadu dengan PBL pada materi sistem ekskresi manusia dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada bulan januari sampai februari 2020 di SMAN 5 Banda Aceh dan SMAN 8 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretest-postest kontrol grup. Subjek penelitian adalah 128 peserta didik yang dibagi dalam kelompok kelas kontrol dan eksperimen, masing-masing 64 peserta didik. Kelompok kelas eksperimen menggunakan modul berbasis SETS dengan model PBL sedangkan kelas kontrol menggunakan buku paket dan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu perangkat tes untuk mengukur hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan postest. Peningkatan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis dianalisis menggunakan statistik parametrik yaitu uji beda dua rata-rata skor normalisasi gain (N-gain) dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran dengan modul berbasis SETS dipadu PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia. Kata Kunci: Modul SETS, Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL (Novi Marliani, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE DIPADU MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Liza Utami, 2021)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMA NEGERI 1 SIMPANG TIGA PIDIE (Anarita, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (Dewi Erianti, 2017)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU MINDMAP TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI BANDA ACEH (KHARINA AREEISTY, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy