//

KEPADATAN ECHINOIDEA DI PERAIRAN PULAU DUA KECAMATAN BAKONGAN TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FENDA SARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sari, Fenda. 2020. Kepadatan Echinoidea di Perairan Pulau Dua Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1). Mimie Saputri, S.Pd., M.EEL., (2). Dr. Khairil, M.Si. Kata Kunci: Kepadatan, Echinoidea, Pulau Dua Echinoidea merupakan salah satu kelas dalam Filum Echinodermata yang memiliki pediselaria yang dapat mengakibatkan luka menyakitkan jika terinjak. Penelitian ini telah dilaksanakan sejak Desember 2019 sampai dengan Juli 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepadatan Echinoidea dan memetakan kepadatan Echinoidea di perairan Pulau Dua Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan adalah metode jelajah (Survey Exploratif), dengan teknik purposive sampling. Lokasi penelitian yaitu Pulau Dua, terdiri atas 2 pulau, yaitu Pulau Kayee dan Pulau Tengku. Pada masing-masing pulau ditetapkan 4 stasiun berdasarkan arah mata angin, dalam setiap stasiun dibentuk 3 plot dengan ukuran 4 m2. Data dianalisis menggunakan rumus kepadatan. Hasil penelitian diperoleh 4 spesies Echinoidea yaitu: Diadema setosum, Echinothrix calamaris, Echinothrix diadema, dan Colobocentrotus atratus, dengan kepadatan Echinoidea tertinggi terdapat pada stasiun 1 sebesar 3,03 individu/m2 dan kepadatan terendah terdapat pada stasiun 8 yaitu 0,42 individu/m2, peta kepadatan Echinoidea menunjukkan terdapat 2 stasiun dengan nilai kepadatan >2, yaitu stasiun 1 dan stasiun 4. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kepadatan total Echinoidea di Perairan Pulau Dua adalah sebesar 1,41 individu/m2, titik koordinat stasiun penelitian 1 (97o31’6.95”E 2o52’51.18”N) dan stasiun 4 (97o31’2.03”E 2o52’55.14”N) merupakan kawasan dengan tingkat kepadatan Echinoidea tertinggi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVENTARISASI LUMUT KERAK (LICHENES) DI PULAU DUA KECAMATAN BAKONGAN TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (FONNY ELFIRA SIREGAR, 2020)

STRUKTUR KOMUNITAS ECHINOIDEA DI PERAIRAN KAWASAN PESISIR KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (SARAYULIS, 2015)

MOTIVASI PETANI DALAM MELAKUKAN USAHATANI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN BAKONGAN TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (Masrafit, 2013)

STRUKTUR KOMUNITAS ECHINOIDEA (BULU BABI) DI PERAIRAN PESISIR PANTAI TELUK NIBUNG KECAMATAN PULAU BANYAK KABUPATEN ACEH SINGKIL (Ibrahim, 2017)

STRUKTUR KOMUNITAS ECHINODERMATA DI PERAIRAN DANGKAL PULAU PANDANG KABUPATEN BATU BARA PROVINSI SUMATERA UTARA (Melvia Yundha C.s, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy