//

GAMBARAN HISTOPATOLOGI LIMPA MENCIT (MUS MUSCULUS) YANG DIINFEKSI PLASMODIUMBBERGHEI DAN DIBERIKAN EKSTRAK ETHANOL DAUN MALAKA (PHYLLANTHUS EMBLICA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahid Muharram - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Malaria merupakan penyakit akibat infeksi Plasmodium sp. yang menjadi ancaman masyarakat baik di daerah tropis maupun sub tropis. Timbulnya resistensi plasmodium terhadap obat antimalaria yang tersedia, mendorong penelitian dalam mencari alternatif pengobatan malaria dengan menggunakan tanaman obat yang dapat mengurangi kerusakan beberapa organ seperti limpa akibat plasmodium. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol daun malaka (Phyllantus emblica) terhadap gambaran histopatologi limpa mencit (Mus musculus) yang diinfeksikan P. berghei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah limpa yang telah difiksasi dalam neutral buffered formalin (NBF) 10% yang berasal dari 15 ekor mencit berjenis kelamin jantan, strain Balb/c dengan umur 2 bulan. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan dan masing-masing perlakuan terdiri atas 3 ulangan. Mencit pada perlakuan 1 (P0) hanya diinfeksikan dengan P. berghei (kontrol negatif), sedangkan mencit pada perlakuan 2 (P1) diinfeksikan P. berghei dan diberikan kloroquin dengan dosis 5 mg/kg bb. Mencit pada perlakuan 3 (P2), 4 (P3), 5 (P4) diinfeksikan P. berghei dan masing-masing diberikan ekstrak etanol daun malaka dengan dosis 100, 300, 600 mg/kg bb. Mencit dietanasi kemudian dinekropsi, organ limpa dikoleksi untuk pembuatan preparat histopatologi menggunakan pewarnaan Hematoksilin Eosin (HE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan jumlah hemosiderin, deplesi sel limfosit, dan hemoragi pada perlakuan P2, P3, dan P4. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pemberian ekstrak etanol daun malaka mampu memperbaiki kerusakan gambaran histopatologi limpa mencit yang diinfeksikan P. berghei.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN HISTOPATOLOGI LIMPA MENCIT (MUS MUSCULUS) YANG DIINFEKSI PLASMODIUMBBERGHEI DAN DIBERIKAN EKSTRAK ETHANOL DAUN MALAKA (PHYLLANTHUS EMBLICA) (Wahid Muharram, 2020)

EFEKTIVITAS PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN MALAKA (PHYLLANTUS EMBLICA) TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI HATI MENCIT (MUS MUSCULUS) YANG DIINFEKSI PLASMODIUM BERGHEI (Sulaiman Ashary, 2019)

UJI INFUSA DAUN MALAKA (PHYLLANTHUS EMBLICA) TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH MENCIT (MUS MUSCULUS) YANG HIPERKOLESTEROLEMIA (Sartika Silvana, 2015)

EFEK PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUNMALAKA (PHYLLANTHUS EMBLICA) TERHADAP PENURUNAN KUALITAS SPERMATOZOAMENCIT (ELFI SATRIA SURYANI, 2018)

UJI SENSITIVITAS DAUN MALAKA (PHYLLANTHUS EMBLICA) TERHADAP PSEUDOMONAS AERUGINOSA (TADWINI PUTRI AULIA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy