//

SIMULASI NUMERIK PASANG SURUT KOMPONEN M2 DI PERAIRAN TELUK THAILAND

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KHAIRIL ANWAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

Berdasarkan penelitian sebelumnya, Teluk Thailand didominasi oleh pasang surut diurnal. M2 dari laut China Selatan (SCS) menguat di sekitar wilayah pantai cina selatan, tetapi relatif rendah di Teluk Thailand (GoT). Simulasi model hidrodinamika dua dimensi dengan resolusi Δx = Δy = 5’ digunakan untuk mendeteksi M2 di bagian dangkal GoT. Hidrodinamika GoT dibangkitkan oleh amplitudo dan fase M2 yang diberikan pada batas terbuka model. Data inisial amplitudo dan fase M2 diperoleh dari Badan Informasi Geospatial (BIG) Indonesia. Hasil simulasi model hidrodinamika menunjukkan bahwa amplitudo di bagian yang cukup dangkal di pantai Bangkok terlihat cukup besar dan berbeda dari data BIG. Namun demikian, secara umum pada bagian lepas pantai GoT relatif sama. Dengan menggunkan data model, amplitudo didekat Pantai Bangkok sekitar 0,5 m, dan pada bagian lepas teluk thailand sekitar 0,1 m. sedangan menggunakan data BIG, amplitudo pada bagian pantai bangkok menunjukan hasil yang berbeda dari data model, yaitu hanya 0,09 m, sedangkan pada bagian lepas teluk thailand, menampilkan hasil yang sama dengan hasil Model, yaitu 0,01 m. Hasil Fase yang didapatkan menggunakan data model di bagian pantai bangkok mencapai 300°, dan pada bagian lepas pantai sekitar 250. Sedangkan mengunakan data BIG, pada bagian pantai bangkok menampilkan hasil yang mirip dengan hasil data model, yaitu 325°, sedangkan pada daerah lepas pantai menampilkan hasil yang sama dengan hasil model, yaitu 250°. Sirkulasi Pola arus M2 terlihat selalu kuat pada daerah pantai pataya dan kamboja, Arus bergerak pada t=0.25 TM2 mengarah ke pantai Siem Reap, kamboja dan Phang Nga dari bagian pantai pataya dan open boundary, pada t=0.5 TM2 arus bergerak dari open boundary ke pantai pattaya dan kamboja, pada t=0.75 TM2 arus bergerak ke arah pantai pattaya dan open boundary, dan pada t=1 TM2 arus mengarah ke pantai Siem Reap dan Phang Nga dari bagian pantai pataya dan kamboja. Keywords: Arus, pasang surut M2, tidal sea level, data BIG dan teluk Thailand

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EKSTRAKSI ENERGI PASANG SURUT KOMPONEN M2 DI PERAIRAN TIMUR ACEH (PUTRI SRI DIDTA, 2020)

SIMULASI HIDRODINAMIKA PASANG SURUT LAUT 1¬-D DI TELUK SABANG (MUHAMMAD AKBAR AL FAWIRSA, 2018)

PENGARUH FREKUENSI PERIODE GELOMBANG, KOEFISIEN FRIKSIONAL DAN DIFUSI UNTUK SIMULASI MODEL PASANG SURUT DI TELUK BENGGALA (Safwandi, 2017)

STUDI MODEL HIDRODINAMIKA PASANG SURUT 2D DI TELUK SABANG (Reviyanti Wulandari, 2018)

EKSTRAKSI ENERGI PASANG SURUT KOMPONEN M2 DI PERAIRAN SELAT MAKASSAR (ELISIA SANOVA BR S PELAWI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy