//

KARAKTERISTIK DAN DISTRIBUSI SPASIAL SARANG BURUNG MANYAR (PLOCEUS MANYAR) DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DILA MAIYANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Burung Manyar (Ploceus manyar) merupakan anggota dari ordo passeriformes yang habitatnya disekitar persawahan karena makanannya berupa biji-bijian. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik sarang Burung Manyar (Ploceus manyar) dan untuk mengetahui distribusi spasial sarang Burung Manyar (Ploceus manyar) di Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan data dilakukan pada bulan Februari sampai Juni 2020. Metode yang digunakan yaitu survei eksploratif dengan teknik pengambilan data purposive sampling dengan cara membagikan lokasi kedalam 10 lokasi pengamatan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif kemudian pola penyebaran sarang menggunakan Indeks Dispersi Morisita. Hasil penelitian diperoleh karakteristik sarang Burung Manyar memiliki tempat bersarang yang berbeda. Sarang tersebut terdapat pada pohon palem-paleman yaitu palem raja (Roystonea regia) dengan batang yang digunakan sebanyak lima, sawit (Elaeis guineensis) batang yang digunakan hanya satu, dan pohon kelapa (Cocos nucifera) batang yang digunakan sebanyak 44. Jenis sarang yang ditemukan adalah tiga bentuk sarang yaitu sarang jantan, betina dan sarang kawin. Distribusi spasial sarang Burung Manyar (Ploceus manyar) di Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar adalah mengelompok dengan nilai Ip (Nilai standarisasi derajat morisita) berkisar dari 0.44 -1.53.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU MEMBUAT SARANG OLEH BURUNG MANYAR JAMBUL (PLOCEUS MANYAR) DI KAWASAN GAMPONG LAMREH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Heri Irwanda, 2018)

STUDI ETNO-ORNITOLOGI DAN IDENTIFIKASI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT DALAM KONSERVASI BURUNG DAN HABITATNYA DI KECAMATAN PEUDADA KABUPATEN BIREUEN. (NURUL SYAFINA, 2021)

HUBUNGAN PERILAKU PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK TERHADAP KEBERADAAN JENTIK RNAEDES AEGYPTIPADA MASYARAKAT RNDI KECAMATAN KUTA BARO RNKABUPATEN ACEH BESAR (DESSY ELFIANA, 2014)

EVALUASI TINGKAT KEBERHASILAN INSEMINASI SAPI ACEH MENGGUNAKAN SEMEN BEKU SAPI EKSOTIK MELALUI PROGRAM UPSUS SIWAB DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (HAKIKA AMASENA, 2020)

PELANGGARAN TERHADAP QANUN NOMOR 8 TAHUN 2011 TENTANG PAJAK SARANG BURUNG WALET (SUATU PENELITIAN DI KABUPATEN ACEH BESAR) (Maulidin, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy