//

HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS(UPTD)RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Gusti Sri Vantona - Personal Name
SubjectOLDER PERSONS - LIFE SKILLS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Interaksi sosial mempunyai peranan yang sangat penting pada kehidupan lansia. Lansia mengalami penurunan kemampuan dari segala aspek terutama kesehatan dan fisiknya, sehingga lansia secara perlahan menarik diri dari hubungan dengan masyarakat dan akan membuat interaksi sosial lansia menurun. Menurunnya interaksi sosial akan berpengaruh kepada kualitas hidup lansia. Suatu kunci penting untuk mencapai kualitas hidup sebagai lansia adalah dengan melakukan kegiatan secara mandiri, karena hal tersebut dapat membuat mereka mencapai tahapan kesehatan fisik, kesehatan mental, kesehatan sosial dan kesehatan lingkungan yang menyenangkan bagi mereka dan orang lain, sehingga mereka menjadi mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara interaksi sosial dengan kualitas hidup lansia di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh Tahun 2014. Desain penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi berjumlah 66 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 57 responden. Instrumen pada penelitian ini yaitu kuesioner dengan skala likert, terdiri dari 46 item pertanyaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara terpimpin. Analisa data dengan menggunakan uji chi-square dengan hasil ada hubungan antara interaksi sosial dengan kualitas hidup lansia di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh Tahun 2014 dengan p-value = 0,002. Diharapkan kepada pengurus Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh agar dapat memelihara serta meningkatkan kesehatan lansia supaya interaksi sosial dan kualitas hidup lansia ada pada kategori baik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN INKONTINENSIA URINE DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIK DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (ERNI MEUTIA RANI, 2016)

HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN DEMENSIA PADA LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS RUMOH SEJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KAREENG 2015 (aditya, 2015)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN LANSIA TERHADAP PELAYANAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS RNDINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTERA RNGEUNASEH SAYANG BANDA ACEH RNTAHUN 2013 (Hafizah , 2014)

HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (cut muliani, 2016)

HUBUNGAN DERAJAT DEPRESI TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA DI UPTD PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Cut Harvina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy