//

PENGARUH PENGGUNAAN LDPE 6% DAN ABU SEKAM PADI TERHADAP KINERJA CAMPURAN LAPIS ASPAL BETON AC-WC

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang UMAM MAULANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk lalu lintas. Sekam padi merupakan residu tanamana kulit padi yang memiliki lapisan keras, dimana kulit padi akan terpisah dari beras dan menjadi limbah yang dapat digunakan sebagai abu. Abu sekam padi memiliki kandungan senyawa kimia silika (SiO2) yang dapat meningkatkan kuat tarik dan kuat tekan pada beton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran aspal beton (AC-WC) dengan substitusi LDPE (Low Density Polyethilene) menggunakan abu sekam padi dan Portland Cement sebagai filler dan untuk mengetahui kinerja campuran aspal beton (AC-WC). Penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data yang mendukung proses penelitian, antara lain adalah data primer dan data sekunder. Agregat yang digunakan adalah kerikil pecah yang diperoleh dari PT. Lhoknga Beton, sedangkan bahan pengisi (filler) menggunakan Portland Cement (PC) yang diproduksi PT. Semen Padang yang lolos saringan No. 200, serta Abu Sekam padi yang di bakar dan ditumbuk sehingga dapat lolos saringan No. 200. Setelah mendapatkan kadar aspal optimum (KAO), selanjutnya dilakukan pembuatan benda uji menggunakan 6% LDPE dan tanpa LDPE. Masing-masing benda uji dibuat 3 benda uji pada persentase kadar aspal 4,5%, 5,0%, 5,5%, 6,0% dan 6,5% sebanyak 15 benda uji untuk variasi kadar aspal menggunakan Portland Cement untuk penentuan KAO dan didapatkan hasil yaitu 5,20%. Hasil parameter Marshall nilai stabilitas tertinggi pada penelitian ini adalah 2008,16 kg, pada stabilitas rendaman 30 menit KAO 6% LDPE. Nilai flow tertinggi terdapat pada penelitian ini adalah 3,63 mm rendeman air bersih 30 menit pada KAO 6% LDPE. Nilai durabilitas pada seluruh variasi filler menggunakan LDPE dan tanpa LDPE sudah memenuhi persyaratan yaitu ≥ 90%, pada KAO LDPE yaitu 91,141% dan pada KAO tanpa LDPE yaitu 93,365%. Kata kunci : Lapis aspal laston (AC-WC), LDPE, Abu Sekam padi, Filler.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGGUNAAN POLYPROPYLENE DAN ABU SEKAM PADI TERHADAP KINERJA CAMPURAN LAPIS ASPAL BETON AC-WC (CUT ROSA BELLA, 2016)

UJI KARAKTERISTIK ASPAL BETON LAPIS ANTARA (ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE, AC–BC) MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT (STUDI KASUS VARIASI PERSENTASE FILLER ABU BATU BASALT DAN ABU SEKAM) (Irwanyah, 2014)

TINJAUAN PENGGUNAAN SERBUK ARANG TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI FILLER TERHADAP KARAKTERISTIK LASTON LAPIS AUS (AC-WC) (zulfikar, 2014)

KINERJA CAMPURAN BETON ASPAL UNTUK LALU LINTAS RINGAN MENGGUNAKAN ABU SEKAM SEBAGAI FILLER DAN ASPAL SHELL 60/70 SEBAGAI BAHAN PENGIKAT (Cut Putri Yasha, 2017)

KINERJA BETON ASPAL BERDASARKAN KADAR ASPAL MENGGUNAKAN METODE JAPAN ROAD ASSOCIATION (Rahmatul Ulya, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy